Mendikbud Terus Sosialisasikan Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza

0
555

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Dalam rangka penanaman pendidikan karakter yang mengedepankan rasa cinta Tanah Air, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Senin (18/9) mengunjungi SMK Negeri 6 Jakarta, di Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan ini Muhadjir menjadi inspektur upacara pengibaran Bendera Merah Putih. Ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya, para siswa menyanyikan lagu nasional tersebut dalam versi lirik lengkap tiga stanza.

Lantas ketika sesi amanat pembina upacara, Muhadjir pun membahas terkait lagu Indonesi Raya dengan lirik tiga stanza itu.

“Lagu Indonesia Raya itu aslinya tiga stanza. Jadi yang dinyanyikan sehari-hari resmi itu hanya satu stanza saja, sepertiga dari lirik aslinya,” ucap Muhadjir di depan peserta upacara SMK Negeri 6 Jakarta.

Muhadjir menjelaskan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mensosialisasikan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza saat upacara bendera hari Senin di setiap sekolah.

“Untuk kepentingan kependidikan maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk sosialisasi. Diharuskan sekolah-sekolah membiasakan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga Stanza. Jangan sampai ada siswa yang tidak hapal lagu Indonesia raya tiga Stanza itu,” tandasnya.

Dirinya menambahkan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan 3 stanza, adalah salah satu rangkaian program penguatan pendidikan karakter dari Kemendikbud.

“Terutama yang berkaitan dengan karakter nasionalisme, yaitu karakter cinta Tanah Air, terpanggil untuk bela negara, bangga menjadi anak Indonesia, dan punya tanggung jawab untuk Indonesia di masa akan datang,” kata Muhadjir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here