Cara Tepat Mendapatkan Kenikmatan Kopi

0
657
Istimewa

LIPUTAN1.COM-Kopi menjadi salah satu jenis minuman yang memilik banyak sekali penggemar dan tersebar dia seluruh dunia. Setiap paginya, tidak sedikit orang – orang yang akan membeli kopi sebelum mereka berangkat bekerja, agar bisa semakin bersemangat. Bagaimana cara membuat kopi yang enak dan tidak asal kopi? Ini dia tips membuat kopi yang benar – benar kopi, seperti yang dikutip dari caffein worlds.

1. Usahakan untuk mencari 100 persen kopi Arabica

Tips pertama untuk membuat kopi yang benar – benar kopi adalah mencari kopi yang 100 % kopi arabica. Konon, sesudah mencoba berbagai macam jenis kopi, para pecinta kafein langsung memutuskan bahwa kopi jenis Arabica mempunyai rasa dan aroma yang terbaik daripada kopi – kopi yang lain. Jika anda mencari opsi yang harganya lebih terjangkau daripada Arabica, maka Robusta bisa jadi alternatifnya.

2. Gunakan air dengan kualitas yang baik

Tips kedua untuk membuat kopi yang benar – benar kopi adalah menggunakan air dengan kualitas yang baik. Walaupun tips yang satu ini terdengar sepele, tetapi penggunaan air juga akan mempengaruhi hasil kopi Anda nantinya. Jika Anda menggunakan air dari keran maupun air isi ulang, maka rasa dari kopi juga akan terpengaruhi.

3. Simpan biji kopi di tempat yang tertutup dan kedap udara

Tips ketiga untuk membuat kopi yang benar – benar kopi adalah menyimpan biji kopi di tempat yang terbaik dan kedap udara. Penyimpanan kopi sangat mempengaruhi bagaimana kualitasnya ketika kopi tersebut dibuat. Anda bisa menggunakan toples yang memiliki penutup plastik yang sangat rapat. Jangan pernah Anda meletakkan biji dan bubuk kopi di dalam kulkas. Bahkan sampai membekukan kopi tersebut.

4. Menggunakan filter yang bagus, yang oxygen bleached atau dioxin free

Tips keempat untuk membuat kopi yang benar – benar kopi adalah menggunakan filter yang berkualitas bagus. Menggunakan filter yang kualitasnya buruk rupanya akan menurunkan kualitas dari kopi. Sehingga, Pastika Anda menggunakan filter yang baik untuk mendapatkan kualitas kopi yang baik pula.

5. Hati – hati dalam menggunakan air panas

Tips kelima untuk membuat kopi yang benar – benar kopi adalah hari – hati saat menggunakan air panas. Temperatur yang paling baik untuk menuang air panas ke dalam kopi adalah sekitar 45 detik sesudah air mendidih. Sesudah Anda menuangkan air panas, jangan sampai Anda biarkan kopi jadi dingin.

6. Memastikan biji kopi yang dibeli baru dipetik

Tips keenam untuk membuat kopi yang benar – benar kopi adalah memastikan biji kopi yang Anda beli adalah biji kopi yang baru saja dipetik. Kopi ini mempunyai aroma dan rasa yang benar – benar maksimal. Terutama jika Anda segera membuatnya hanya beberapa hari sesudah kopi tersebut ditumbuk.

Jika kopi sudah terpapar oksigen terlalu banyak, ditambah dengan terpapar sinar matahari, maka rasa dari kopi juga akan menurun. Untuk itu, pastikan Anda menemukan kopi yang divakum dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here