Status Gunung Agung Waspada, Masyarakat Diminta Menjauh Radius 3 Km

0
390
Istimewa

Bali – Pusat Vulkonologi dan Mitigasi Bancana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menaikkan status Gunung Agung yang terletak di Kecamatan Rendang, kabupaten Karangasem, Bali dari level normal ke level II (waspada) terhitung pada hari Kamis (14/9/2017) pukul 14.00 Wita.

Peningkatan status itu terkait dari hasil analisis visual dan instrumental yang menunjukkan adanya peningkatan aktivitas vulkanik dan kegempaan serta mempertimbangkan potensi ancaman bahaya, maka status Gunung Agung dinaikkan dari normal menjadi waspada.

Badan Geologi telah memberitahukan kepada kepala daerah dan instansi terkait untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak beraktifitas dalam radius 3 Km dari kawah gunung.

“Badan Geologi mengeluarkan rekomendasi kepada masyarakat di sekitar gunung dan pengunjung agar tidak beraktivitas di dalam area kawah dan seluruh area di dalam radius tiga km dari kawah gunung atau pada elevasi 1.500 meter dari permukaan laut,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta.

Sosialisasi akan dilakukan kepada masyarakat agar mematuhi rekomendasi. Rencana kontinjensi akan segera disusun untuk merencanakan segala kemungkinan jika adanya peningkatan status gunung api lebih lanjut.

Kendati begitu masyarakat harus tetap tenang dan waspada serta tidak terpengaruh dengan kabar yang tidak jelas sumbernya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here