Lokawisata Baturaden, Surga Dunia yang Menghadirkan “Miniatur Dunia” 

0
850
Istimewa
LIPUTAN1.COM, PURWOKERTO – Mengenal Purwokerto biasanya akan ingat pada kuliner fenomenalnya, tempe mendoan dan soto Sokaraja. Namun siapa sangka kota yang berada di kaki Gunung Slamet Jawa Tengah ini juga menyimpan banyak potensi wisata.
Salah satu yang lagi hits adalah Lokawisata Baturaden. Obyek wisata ini memiliki pesona alam yang menakjubkan layaknya potongan surga di kaki Gunung Slamet. Tepatnya berada di wilayah Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Objek wisata Baturaden juga memamerkan miniatur sejumlah negara dunia.
Lokasinya cukup dekat dengan pusat kota Purwokerto hanya sekitar 15 KM saja. Sekitar 15 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Tempat wisata ini cocok untuk segala umur dari anak-anak hingga dewasa dengan berbagai fasilitasnya.
Salah seorang pengunjung, Nandha (35), warga Surabaya mengaku selalu ke Baturraden saat mudik ke kampung. Pesona alam dan kesejukan udaranya membuat selalu rindu untuk kesana.
“Kalau mudik ke Purwokerto saya selalu ajak anak-anak dan istri ke Baturaden sekedar menghirup udara segar, main-main air, dan mandi air belerang,” katanya.
Disana menikmati pesona alam yang indah udara yang sejuk dan air terjun yang menawan. Baturraden juga memiliki banyak wahana permainan dan hiburan seperti Kolam Renang, Sepeda Air, Air Mancur yang pancarannya cukup tinggi, seluncur air, pemandian air panas belerang di ‘Pancuran Telu’ dan lainnya.
“Disini banyak alternatif wisata yang bisa dipilih. Liburan murah meriah, momong sambil refreshing saja. Anak-anak juga bisa main-main air, renang dan banyak mainan lain yang bisa dinikmati anak,” ujarnya.
Di lokawisata Baturraden, khususnya di hari libur, pengunjung juga akan disuguhi beberapa penampilan seni lokal seperti kenthongan, calung, ebeg/kuda lumping, musik tradisional dan lainnya. Di beberapa sudut juga tersedia berbagai fasilitas dan mainan anak berbayar seperti Teater Alam yang berupa pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda lndonesia.
Tiketnya tergolong murah, Rp15.000 per orang.
Puas berkeliling di lokawisata Baturraden, kita dapat bergeser menikmati pesona alam lainnya ke  ‘Pancuran Pitu’, ‘Telaga Sunyi’, ‘Curug Ceheng’, Pembibitan Sapi, Kebun Raya Baturraden, dan wanawisata. Penginapan juga sangat mudah ditemui, baik hotel, dan villa.
Di Lokawisata Baturraden juga bisa ‘keliling dunia’ dengan mengunjungi ikonik penting sejumlah negara hanya dalam hitungan jam. Pasalnya, di kawasan Baturraden kini telah hadir ‘Small Worlds’ sebagai salah satu objek wisata baru yang tengah ‘booming’. Salah satunya ‘Small World’. Tempat wisata buatan yang mulai hadir akhir tahun 2016 ini memiliki keunikan tersendiri.
Selain untuk rekreasi, Taman Miniatur Dunia ini juga menjadi sarana edukasi bagi para pengunjungnya. Lokasinya berada di Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden.
Taman ini menyuguhkan banyak bangunan terkenal di dunia dalam bentuk miniatur. Layaknya sedang berkeliling dunia, dalam hitungan jam, pengunjung bisa menyaksikan Kincir Angin Belanda, Patung Merlion Singapura, Twin Tower Malaysia, Colosseum Italia, Angkorwatt Kamboja, Menara Eiffel Perancis,  Kuil Kinkakuji Jepang, Taman Bunga Sakura Jepang atau juga Opera House Sydney Australia.
Small World Purwokerto juga menghadirkan replika bangunan terkenal di Indonesia yaitu Monas, Patung Jenderal Sudirman atau juga rumah Honai Papua yang tentunya akan menambah wawasan budaya Nusantara. Untuk masuk ke Taman Miniatur Dunia ini, pengunjung cukup merogoh kocek Rp15 ribu/orang saat hari biasa dan Rp20 ribu/orang saat weekend.
Taman ini buka dari jam 07.00 WIB hingga jam 22.00 WIB untuk hari Senin sampai Jumat. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu buka dari jam 07.00 WIB hingga jam 00.00 WIB. Kalau datang malan hari pemandangannya terlihat bagus, dengan berhiaskan lampu warna warni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here