Wasit Indonesia Pimpin Perhelatan Panjat Tebing Asian Games 2018

0
547
Istimewa

LIPUTAN1.COM, CIKOLE-Perhelatan cabor panjat tebing di Asian Games 2018 mendatang diperkirakan menggunakan wasit asal Indonesia yang telah dipersiapkan Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI).

Langkah penggunan wasit Indonesia sendiri telah dilakukan pihak PP FPTI saat menghelatkan uji coba (test event) panjat tebing Asian Games 2018, 6-10 September 2017 di Cikole, Bandung Barat, Jawa Barat, dimana tidak ada satu pun wasit asing.

 Menurut Kompetisi panjat tebing Asian Games 2018, Pontas Sitanggang mengaku bahwa kemungkinan penggunaan wasit lokal di Asian Games 2018 sangat besar, namun dirinya memastikan bahwa wasit lokal akan bersikap adil, jujur, dan menjunjung tinggi sportifitas.
“Kemungkinan memang seperti test event ini, wasit dan juri di Asian Games akan dari lokal. Tapi kami jamin dalam pelaksanaannya akan berlangsung fair,” kata Pontas Sitanggang, di lokasi test event panjat tebing di Cikole, Bandung Barat, Jawa Barat.
Jaminan tersebut diungkapkan oleh Pontas dengan pertimbangan wasit dan juri dalam negeri yang akan bertugas di Asian Games 2018 sudah memiliki sertifikasi internasional. selain itu pimpinan lomba atau presiden juri dan technical delegate akan ditujuk khusus dari luar Indonesia yang mewakili Federasi Olahraga Panjat Internasional (IFSC) sehingga bisa mengontrol jalannya lomba bahkan memutuskan penghentian lomba jika ada indikasi kecurangan.
“Kami berani menjamin dalam Asian Games 2018 berlangsung fair karena posisi vital, yaitu pimpinan lomba dan technical delegate tetap ditunjuk dari luar negeri yakni mewakili federasi sport climbing internasional. Paling tidak kami akan minta tiga orang perwakilan internasional,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here