Waspadai Indikasi Iritasi Pada Mata

0
696
Istimewa

LIPUTAN1.COM-Mata yang indah adalah mata yang tampak jernih, kejernihan mata juga merupakan sebuah indikasi bahwa mata dalam kondisi yang sehat. Lalu bagaimana dengan mata yang memerah?

Memerahnya mata sering kita lihat, anda atau orang-orang disekitar anda mungkin memiliki mata yang merah. Mata merah adalah gejala atau perubahan warna pada area sekitar bola mata yang semula putih menjadi terlihat merah.

Dilansir dariĀ Health Line, mata memerah terjadi karena pembuluh darah di permukaan mata melebar. Ini dapat terjadi karena infeksi atau tersangkutnya benda asing mengenai mata anda atau infeksi dengan sebab tertentu. Akan tetapi, banyak hal lainnya yang juga dapat menyebabkan mata merah.

Konjungtivitis
Konjungtivitis lebih sering dikenal dengan mata merah muda. Konjungtivitis adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan radang di daerah mata. Kondisi ini sangat menular dan penyebabnya dapat berupa bakteri, virus dan alergi.

Konjungtivitis bakteri dapat diobati dengan resep antibiotik. Konjungtivitis virus dapat ditenangkan dengan kompres dingin dan air mata buatan yang sejuk begitu pula dengan konjungtivitis alergi. Tetapi alangkah lebih baik jika anda berkonsultasi kepada dokter.

Alergen
Banyak orang yang mengalami iritasi mata saat terkena serbuksari. Selain itu, iritasi jamur pada udara lembab juga dapat menjadi penyebabnya. Jika itu terjadi pada anda, hendaknya anda menjaga kelembaban tuangan seperti di rumah, kamar mandi, dan tempat kerja.

Penyebab lain adalah dapat terjadi pula Alergen berasal dari hewan peliharaan anda. Jadi sebenarnya untuk menghindarinya mudah, jangan membiarkan hewan peliharaan anda tinggal satu ruangan dengan anda, anda lebih baik memberikan ia ruang khusus di luar ruangan dan selalu menjaga kebersihan hewan maupun tumahnya dan jangan pernah lupa mencuci tangann setelah anda bersentuhan dengan mereka.

Bleparitis
Bleparitis adalah gangguan mata inflamasi umum yang menyebabkan kemerahan pada daerah mata. Ini dapat menyebabkan mata terasa gatal, terasa seperti terbakar, mengelupas dan pengerasan pada area kulit sekitar mata. Sampai saat ini bleparitis belum diketahui apakan benar-benar bisa ditangani dengan antibiotik, tapi untuk menghindarinya, jagalah mata anda tetap bersih dan lakukan perawatan terhadap mata secara teratur.

Itulah beberapa penyebab mata memerah. Jika keadaan terus memburuk anda tentu harus segera mengunjungi dokter. Tanda-tanda jika mata anda memiliki masalah yang serius adalah, mulai kehilangan penglihatan, terlalu banyak mengeluarkan air atau justru kekeringan, sakit tak tertahankan, cidera kimia dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here