Ini Dia Keseruan Liburan di Semarang Selama September 2017

0
524
Istimewa
LIPUTAN1.COM, SEMARANG – Pesona Indonesia seperti tak pernah habis menggelar agenda pariwisata di 2017.  Semarang misalnya. Dalam satu bulan ini, sudah banyak antrean agenda keren yang siap disajikan kepada wisatawan yang berkunjung ke sana. Rangkaian kegiatannya diset sangat menarik.
Setiap pagelaran akan dikemas secara berbeda. Goal-nya, membuat wisatawan
yang datang dapat menikmati setiap keunikan kota Semarang. “September ini banyak even keren di Semarang. Yang agendanya masih
kosong, silakan pilih mau liburan dan refreshing ke mana bersama keluarga,” ucap Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI, Selasa (5/9).
Setting evennya sangat beragam. Dari mulai atraksi budaya, nature, festival, musik, travel fair, semuanya ada. Semuanya bisa diviralkan
dengan waktu yang sudah pasti, tidak berubah, tidak mundur, dan tidak maju. “Sekarang semuanya sudah fix. Yang terbaik, yang paling wow, yang paling unik, langsung di share ke publik. Silakan dilihat dan dipilih,” jelas Arief Yahya.
Ajakan berwisata ke Semarang tadi langsung direspon Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang. Even yang besar-besar, yang berskala nasional, langsung buatkan panduannya.  “Kalau mau agenda yang rutin,
bisa datang ke Car Free Day di Simpang Lima – Pahlawan, Jalan Pemuda dan jalan Kartini atau Pasar Minggu di sekitar MAJT. Juga ada Pasar
Jumat-an yang digelar di sekitar Taman KB,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Masdiana Safitei.
Yang suka keroncong, ada agenda rutin setiap Senin dan Kamis yang bisa dinikmati di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Atau ingin melihat
culture? Silakan tonton Wayang Orang di TBRS Semarang setiap Sabtu. Dan bagi yang ingin hunting kuliner, ada Warung Semawis di Gang
Warung, Pecinan yang siap menyapa. setiap akhir pekan (Jumat – Minggu) dari pukul 18.00 – 23.00 WIB, Pasar Semawis atau juga disebut dengan Waroeng Semawis, selalu setia menyajikan aneka jajanan kuliner dengan
konsep tenda tenda. Aneka makanan atau kiliner khas Semarang bisa dijumpai di sini. “Yang tematik juga banyak,” tambahnya.
Masdiana tak asal bicara. Rangkaian even September di Semarang diawali dengan Jateng Fair 2017 di PRPP. Agendanya bahkan sudah dimulai dari 11 Agustus dan akan berakhir 10 September mendatang. Jateng Fair secara keseluruhan menampilkan pameran hasil pembangunan Jawa Tengah, hasil produk unggulan UMKM, informasi wisata, wisata kuliner, dan panggung musik.
Tanggal 5-10 September 2017, ada Festival Kuliner Nusantara Lezaatnesia di Sri Ratu Pemuda. Ada beragam menu. Harganya mulai Rp 5 ribu sampai Rp 30 per porsi. Dan beberapa menu yang dijual dalam stan-stan tersebut di antaranya, mangut, ayam geprak, ceker rawit, empal gentong, satai ayam dan sapi, nadi gandul, pecel, gudeg, juga nasi gandul dan bandeng presto.
Tak hanya makanan besar, tersedia pula camilan berupa corobika, roti maryam, kue lumpur, dan terang bulan. Untuk minuman, tersedia beragam jus buah, cokelat hazelnut, dan tak ketinggalan es teh maupun teh hangat.
Nah, bagi anak muda berusia 18 tahun ke atas, memiliki sebuah ide atau konsep yang oke dan punya dampak bagi lingkungan sekitar, silakan ke Passionville di Lawang Sewu, 9 September 2017. Event yang menjadi sebuah wadah bagi para anak muda Indonesia untuk menunjukkan passion mereka. Atau bisa dikatakan seperti sebuah ‘kampung’ atau tempat ngumpulnya anak-anak muda Indonesia yang punya passion. Passionville sudah diselenggarakan sejak tahun 2013 dan terus berlangsung setiap
tahunnya hingga saat ini.
Pilihan lainnya, silakan ke Taman Garuda Art Fest (TGAF) di Taman Garuda, Kota Lama. Di sana ada kegiatan festival yang pertama kali
diadakan untuk memperingati hari jadi ORArT ORET, presentasi kegiatan Art Jamming, dan sarana entrepreneurship bagi seluruh stakeholder.
ORAT ORET sendiri adalah komunitas seni aktif dengan berbagaikegiatan seni dua mingguan mengelilingi Semarang sejak 26 September
2010.
Yang suka keroncong, silakan langkahkan kaki 13 September ke Gebyar Keroncong di Gedung Ki Narto Sabdo, Kompleks TBRS Jl Sriwijaya.
Suguhan keroncong ini juga bisa dinikmati 20 September di Taman KB. Atau Anda ingin menikmati lagu lagu nostalgia? Silakan datang ke Symphony Kota Lama di depan Gereja Blenduk tangal 16 September.
Yang suka tanaman juga akan terhibur. Akan ada berbagai tanaman hias, pangan maupun buah untuk dinikmati dalam Semarang Expo Hortikultura di Taman KB pada 20 September mendatang. Dalam expo tersebut berbagai stand tanaman berkualitas dari seluruh Indonesia akan dipamerkan dalam stand yang tersebar di seluruh area stadion.
Ratusan kelompok tani, asosiasi petani, gapoktan dan KTNA akan berpartisipasi dalam expo ini. Berbagai petani dan gapoktan akan memamerkan produk unggulan mereka yang terdiri dari tanaman pangan, buah, obat, jamur, dan tanaman hias.
Kemeriahan Kota Semarang di September ini juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan Wayang Kulit. Pergelaran wayang kulit 1 Muharram dakan digelar di TBRS tanggal 20 September mendatang.
Pemkot Semarang juga menggelar Semarang Indie Festival di Stadion Tri Lomba Juang Semarang tanggal 23 September 2017 dan Festival Kota Lama 2017.
Festival Kota Lama akan digelar di area yang sering disebut little netherland tanggal 23-24 September 2017. Festival itu akan dirancang dengan beragam  tema-tema yang berbeda dan menarik , seperti pameran automotif, musik, dan sebagainya.
Grand Candi Hotel Semarang kembali menggelar Pasar Senggol di halaman samping Grand Candi Hotel Semarang tanggal 29 September mendatang.
Pasar senggol dimeriahkan oleh puluhan jajanan kuliner di Semarang, bazar UKM, Estrella, Gatot Aljabar, Figura . Tak jarang, kegiatan ini dijadikan ajang berkumpul berbagai komunitas yang ada di Semarang. (*)
Jadwal Even di Semarang
    [11 Agustus – 10 September] – Jateng Fair 2017 di PRPP.
    [5 – 10 September] – Festival Kuliner Nusantara Lezaatnesia di Sri
Ratu Pemuda.
    [9 September] – Passion Ville id 2017 di Lawang Sewu.
    [9 September] – Taman Garuda Festival di Taman Garuda, Kota Lama.
    [13 September] – Gebyar keroncong di TBRS.
    [16 September] – Symphony Kota Lama di depan Gereja Blenduk.
    [20 September] – Warung Keroncong di Taman KB
    [20 September] –  Semarang Expo Holtikultura  di Taman KB
    [20 September] –  Pagelaran Wayang 1 Muharram
    [21 September] –  Pagelaran Wayang Kulit di TBRS
    [22-24 September] – Garuda Travel Fair (GATF) 2017 Semarang di Java Mall.
    [23 September] – Semarang Indie Festival di Stadion Tri Lomba Juang.
    [23-24 September] – Festival Kota Lama 2017
    [29 September] –  Pasar Senggol di Hotel Grand Candi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here