Menristekdikti Pastikan Perguruan Tinggi Diwajibkan Merger

0
416
Istimewa

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meminta agar perguruan tinggi atau kampus dengan jumlah mahasiswa kurang dari 1.000 wajib untuk dimerger atau bergabung dengan kampus lainnya.

“Kampus yang jumlah mahasiswanya kurang dari 1.000 wajib merger dengan kampus lainnya,” ujar Nasir, Senin (4/9/2017).

Jumlah perguruan tinggi yang memiliki mahasiswa yang kurang dari 1.000, lanjut dia, berjumlah lebih dari 2.000-an perguruan tinggi.

Kemristekdikti mendorong agar kampus tersebut bergabung dengan kampus lainnya, agar lebih solid dan mampu mewujudkan perguruan tinggi yang berkualitas.

“Penggabungan ini juga bertujuan agar perguruan tinggi itu menjadi sehat, karena sebagian besar kampus kecil itu tidak sehat keuangannya,” ungkapnya.

Sebelum dilakukan merger, yayasan yang menaungi perguruan tinggi tersebut harus digabung dahulu. Dia memberi contoh perguruan tinggi di bawah naungan Muhammadiyah cukup banyak, namun ternyata tidak satu yayasan.

“Kami juga meminta agar tidak ada konflik yayasan di perguruan tinggi itu, karena berdampak pada kualitas perguruan tinggi itu,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here