Pihak Ramayana Tutup 8 Toko di Indonesia

0
1126
Istimewa

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk akan menutup 8 toko supermarketnya pada hari Senin 28 Agustus 2017. Seluruh supermarket tersebut terdapat di beberapa daerah di tanah air.

Adanya penutupan tersebut memperlihatkan lesunya bisnis ritel. Sebelumnya PT Modern Sevel Indonesia menutup Seven-Eleven, yang terlebih dahulu menutup seluruh gerainya di akhir Juni 2017.

Subekti Rudianto selaku chief MDM 8A Toiletries Ramayana Lestari Sentosa menjelaskan jika dari 8 toko supermarket telah ada dua toko yang tutup lebih dahulu yakni di Surabaya.

Enam gerai lainnya ada di Gresik, Banjarmasin, Bulukumba, Bogor, Pontianak dan Sabang. Ke-6 gerai tersebut akan ditutup pada 28 Agustus 2017.

Karena adanya penutupan itu, perseroan pun meminta para supplier menyelesaikan barang-barang returan serta administrasi sebelum 27 Agustus 2017. Kemudian seluruh PO akan dibatalkan atau dikirim ke toko tersebut.

Lana Soelistianingsih, ekonom dari PT Samuel Aset Manajemen mengatakan jika daya beli yang menurun telah membuat adanya goresan negatif untuk para penjual ritel, terlebih untuk bisnis ritel dengan skala supermarket. Adanya penurunan daya beli dikarenakan masyarakat kelas menengah sedang berusaha tidak bernafsu untuk menjadi konsumtif.

Adanya pencabutan subsidi listrik untuk kelas menengah sampai efisiensi jam kerja yang berlaku di perusahaan jelas telah menekan tingkat konsumsi masyarakat. Alhasil penjualan supermarket terkena akibatnya.

Lana mengakui jika saat ini kelas menengah lebih memilih minimarket untuk membeli berbagai kebutuhan pokok setiap hari ataupun bulanan. Tentu saja karena mereka lebih memilih untuk membelanjakan uangnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here