KPU Mulai Lakukan Simulasi Pemilu

0
438
Istimewa

LIPUTAN1.COM, TANGERANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendapatkan pengalaman berharga dari hasil pelaksanaan simulasi yang digelar di Desa Sindang Sono, Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang. KPU setidaknya mengetahui bahwa satu pemilih membutuhkan waktu setidaknya lima menit untuk menuntaskan proses pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Sekitar 4-5 menit. Pemilih dari mulai masuk sampai mencelupkan jari,” ujar Komisioner KPU Ilham Saputra di sela kegiatan simulasi, Sabtu (19/8/2017).

Menurut Ilham, dari informasi ini setidaknya KPU bisa memperkirakan berapa banyak pemilih yang bisa terlayani selama proses pemungutan suara. Adapun untuk kegiatan simulasi, KPU menyertakan 500 pemilih.

“Nanti kita lihat 500 pemilih ini apa bisa terlayani semua sampai pukul 13.00 WIB. Kalau memang tidak tentu jumlahnya bisa dikurangi,” kata Ilham.

Ilham menambahkan, bahwa hasil simulasi juga akan menentukan strategi KPU pada pelaksanaan Pemilu 2019 nanti. “Seperti apakah kita butuh juga untuk menambah jumlah bilik suara, atau pola rekapitulasi agar bisa lebih cepat dan mudah. Tentu akan kita lihat dari simulasi ini,” tambah dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here