Wisata Religi Iringi Perhelatan GPN di Palu

0
390
Staf Ahli Bidang Kerja Sama Kelembagaan Kemenpora Adiati Noerdin saat menerima tanah dan air dari Kot Palu yang diserahkan Sekretaris Daerah Kota Palu Asri Sawaya
LIPUTAN1.COM, PALU-Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (6/8) benar-benar mampu menggugah semangat berolahraga masyarakat di sana, lebih dari 2000 peserta turut mengikuti program andalan Kemenpora yang masuk dalam kampanye besar Ayo Olahraga.
Etape Palu sendiri dimulai dari teluk Palu atau anjungan pantai Nusantara. Rute yang dilewati kemudian Menyusuri Bundaran Inkindo, Wisata Religi sejarah masuknya Islam di Sulteng, Makam Dato Karamah, Masjid Agung Darussalam dan Museum Sulteng, kemudian finis kembali di anjungan.
Total jarak yag harus ditempuh pegowes dalam etape ini tak kurang dari 13,2 Kilometer. Dengan jarak yang panjang tersebut dan jumlah peserta yang mencapai ribuan, dinilai oleh Sekretaris Daerah Kota Palu Asri Sawaya sebagai even olahraga terbesar.
“Sebelumnya, ada lomba renang dengan jarak 5,3 kilometer. Pesertanya cuma 200 orang, kalau Gowes bisa luar biasa banyak dan menarik masyarakat olahraga. Kami berharap olahraga lain bisa sukses seperti Gowes Nusantara ini,” katanya, di sela-sela kegiatan.
Sementara itu, Staf Ahli Bidang Kerja Sama Kelembagaan Kemenpora Adiati Noerdin mengapresiasi antusiasme masyarakat di sana. Dia juga melihat, bahwa kehadiran Gowes mampu direspon baik oleh masyarakat.
“Kampanye Ayo Olahraga benar-benar bisa diterima dan direspon baik oleh masyarakat. Karena itu antusiasme di Palu cukup bagus,” tandasnya.
Sementara itu, Kota Palu juga menggabungkan pelaksanaan GPN dengan Gala Desa yang diikuti 46 kelurahan dari delapan Kecamatan. Di antaranya Palu Utara, Palu Selatan, Taweli, Tatanga, Ulu Jadi dan Mantikulore.
Gala Desa dan GPN merupakan program Ayo Olahraga dari Kemenpora, selain dan Liga Sepak Bola Pelajar. Program ini sengaja dirancang untuk menambah kebugaran dan kesehatan dari masyarakat Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here