Argentina dan Uruguay Ingin Selenggarakan Piala Dunia 2030

0
380
Istimewa

LIPUTAN1.COM, ARGENTINA-Perhelatan Piala Dunia 2030 memang masih sangat jauh. Namun ternyata hingga sekarang sudah ada negara-negara yang menyiapkan dirinya untuk menjadi tuan rumah turnamen empat tahunan tersebut. Negara-negara tersebut adalah Argentina dan Uruguay.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Olah Raga Argentina Carlos MacAllister. Menurut pernyataannya seperti yang dikutip oleh Merco Press, presiden beserta ketua federasi sepak bola dari masing-masing negara sudah melakukan pertemuan untuk membahas hal ini.

MacAllister lalu menambahkan kalau perwakilan dari masing-masing negara untuk melanjutkan wacana ini. Selain Argentina dan Uruguay, negara-negara seperti Tiongkok dan Inggris juga menunjukkan minatnya untuk menjadi tuan rumah pesta sepak bola terbesar di dunia ini.

Niat Uruguay untuk menjadi tuan rumah sepak bola juga dibalut oleh faktor sentimen sejarah. Pasalnya jika mereka sampai berhasil terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030, maka momen tersebut bakal bertepatan dengan peringatan 100 tahun Piala Dunia. Kebetulan di tahun 1930, yang berstatus sebagai tuan rumah sekaligus pemenang Piala Dunia adalah Uruguay.

Namun rencana ini diperkirakan bakal menuai kontroversi di masing-masing negara. Pasalnya dibutuhkan biaya yang sama sekali tidak sedikit untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. Pemerintah Brazil pada tahun 2014 lalu menerima hujan kritikan karena uang yang digunakan untuk keperluan Piala Dunia dianggap bisa dialihkan untuk hal-hal lain yang lebih penting semisal perbaikan sekolah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here