Konsumsi Telur Mentah Menyehatkan ?

0
576
Istimewa

LIPUTAN1.COM-Banyak alasan bagi penggemar makanan mentah untuk mengonsumsi jenis makanan ini. Salah satunya adalah agar dapat meningkatkan stamina karena kandungan nutrisinya yang diketahui lebih lengkap. Tapi apakah benar seperti itu?

Sebenarnya proses memasak akan dapat menghancurkan sejumlah kecil mineral serta vitamin yang ada di dalam telur. Oleh karena itu, kandungan nutrisi di dalam telur mentah seperti vitamin B, vitamin E, antioksidan, lutein,cColin mineral dan zeaxanthin memang lebih tinggi.

Tetapi nyatanya, perbedaan kandungan nutrisi antara telur mentah dengan yang sudah matang sangatlah kecil, jadi Anda tidaklah perlu untuk mengonsumsi telur yang masih dalam keadaan yang mentah. Itu dipaparkan dalam buku ‘3 Steps to The Healthier You’ yang ditulis oleh Alisa Rumsey, MS, RD.

Alicia menggambarkan jika disaat kita mengkonsumsi telur mentah tubuh akan memperoleh 0,85 mikrogram vitamin B6 serta 1469 mg kollin. Sedangkan di saat mengkonsumsi telur matang maka kandungannya berubah menjadi 0,072 mikrogram B6 serta 117 miligram kolin.

Namun untuk kandungan jumlah proteinnya, justru telur matang memiliki kandungan lebih tinggi protein dibandingkan yang mentah. Sedangkan tubuh hanya bisa menyerap lebih kurang 50% protein dari telur yang mentah, tetapi tubuh dapat menyerap 91% protein untuk telur yang matang.

Hal itu sebenarnya bukan satu-satunya alasan mengapa telur matang lebih baik dibandingkan telur mentah. Telur mentah mempunyai kandungan salmonella yaitu bakteri yang membuat seseorang lebih mudah keracunan makanan. Terbukti ada sekitar 1 juta kasus yang disebabkan karena keracunan makanan di setiap tahunnya di Amerika Karena mengonsumsi telur yang mentah.

Salmonella paling sering mengganggu anak-anak, orang tua, wanita hamil, dan juga orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang sangat rendah. Mengetahui efek buruk dari telur mentah , tentumembuat kita tidak lagi ada alasan untuk tetap mengonsumsi telur mentah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here