Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta Akan di Uji Coba

0
719

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana melakukan uji coba kereta api (KA) Bandara Soekarno-Hatta  November 2017. Mempercepat hal itu, proses pembangunan rel tengah dirampungkan.

Senior Manager Coorporate Communication PT KAI, Agus Komarudin mengatakan, pembangunan di kawasan itu sempat terhenti lantaran pembebasan lahan. “Tapi sudah selesai. Dua pabrik yang lahannya proyek pembangunan sudah mau menyerahkannya,” kata Agus, Kamis (27/7/2017).

Saat ini, pemindahan barang-barang terhadap dua pabrik yang diketahui merupakan PT Gabri dan PT Indoitali sedang dilakukan oleh pemilik dan karyawan. PT KAI pun memberikan tenggat waktu kepada kedua perusahaan tersebut untuk segera memindahkannya pada akhir Juli 2017 nanti.

Setelah dipindah, barulah pembangunan jalur di kawasan yang memasuki lintas Batu Ceper hingga ke arah M1 Bandara Soetta akan dilanjutkan. Proses pembangunan diprediksi tidak akan lama, sebab sejumlah material barang sudah ada di lokasi proyek.

Agus mengakui, proses lahan menjadi sedikit kendala dalam pembangunan KA Bandara Soetta. Berbeda dengan proyek lainnya, proyek di kawasan itu melibatkan sebanyak 13 pabrik menjadi tergeser, karena itu, kala pembebasan terjadi tarik menarik negosiasi harga sempat berlangsung alot.

Agus optimistis nantinya KA Bandara bisa dioperasionalkan pada akhir tahun ini.”Uji coba akan dilakukan pada November 2017 nanti. Kan kita harus cek ketahanannya dulu,” ucapnya.

Pembangunan KA Bandara membuat stasiun bertambah, salah satunya Stasiun Sudirman baru. Integrasi di kawasan itu bakal dilakukan. PT KAI sendiri mengaku tengah bekerja sama dengan MRT untuk merampungkan integrasi ini.

“Kan disitu moda yang menarik, ada KRL, bus Transjakarta, MRT, dan KA bandara, jadi integrasi akan terjadi,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here