Olahraga Efektif Dalam Waktu 5 Menit

0
1984
Istimewa

LIPUTAN1.COM-TAK ada alasan untuk tidak berolahraga. Gerakannya sangat praktis dan sederhana, area latihan tak perlu luas, serta tak memerlukan waktu lama seperti olahraga konvensional umumnya. Cukup lakukan 1-5 menit setiap hari dijamin perut buncit Anda akan kempes.

Plank. Begitu anak-anak sekarang menyebut olahraga yang satu ini. Bila konsisten dilakukan, bentuk ideal tubuh Anda juga akan terjaga serta keseimbangan tubuh semakin oke.

Plank juga disebut  front hold, hover, atau abdominal bridge, yang merupakan latihan isometrik inti kekuatan mirip gerakan push-up yang sudah lama kita kenal.

Militer Amerika Serikat sudah meninggalkan push-up karena kerap membuat otot cedera. Mereka pun beralih ke olahraga plank, yang hasilnya mampu membentuk otot, termasuk menjaga bentuk ideal tubuh.

Jadi, bagi Anda yang super sibuk karena bekerja, atau mungkin Anda termasuk orang malas berolahraga, lakukan lah gerakan plank 1-5 menit setiap hari.

Bagi pemula, plank paling umum (standar plank) adalah plank depan mirip  push-up. Tetapi tubuh tidak naik turun, melainkan berat tubuh dibebanksn di lengan, siku, dan kaki. Seluruh tubuh mulai dari jari kaki ke kepala harus datar, tidak melengkung.

Inti dasar dari plank sebenarnya adalah olahraga untuk membakar lemak, mengecilkan perut, meluruskan tulang belakang, keseimbangan tubuh, serta menurunkan berat badan melalui olahraga murah.

Gerakan plank bisa Anda lakukan misalnya usai salat. Lakukan saja gerakan plank paling umum semampu Anda saja. Jika bisa semenit usai setiap salat, berarti Anda sudah melakukan itu sebanyak lima kali usai salat 5 waktu.

8 VARIAN PLANK

Jika ingin lebih serius lagi, setidaknya ada 8 variasi  plank yang bisa dilakukan. Tinggal pilih varian mana yang Anda butuhkan.

Selain standar plank, ada juga elbow plank. Gerakan ini mirip  standar plank, tetapi hanya  menggunakan sikut tangan untuk menahan beban. Elbow plank dalam 60 detik efektif membakar lemak lengan, otot perut kuat dan tubuh terasa langsing.

Gerakan single arm plank  mirip  elbow plank. Tetapi,  gerakan hanya tertumpu kepada satu lengan saja sehingga hal ini  relatif berat untuk dilakukan.

Tapi, lakukan saja semampu Anda. Delapan detik saja juga sudah bagus, tetapi usahakan setiap hari durasinya terus bertambah. Catat, gerakan ini penting untuk keseimbangan tubuh.

Jika ingin variasi lainnya, bisa mencoba single leg plank. Gerakan ini merupakan kombinasi  single arm plank dan single leg plank dengan satu kaki di atas. Gerakan ini mampu melancarkan aliran darah.

Ada lagi gerakan side plank. Bobot tubuh tertumpu pada lengan hingga sikut. Gerakan ini mampu memangkas lemak pada sisi samping tubuh, termasuk ‘tas pinggang’ Anda. Walau kelihatan sederhana, tapi gerakan ini termasuk berat loh.

Gerakan standar lainnya bisa dengan cara reverse plank. Sama halnya  standar plank, tatapi bedanya tubuh ada menghadap ke atas. Kedua tangan berada di lantai lurus sejajar dengan kepala.

Variasi lainnya, yakni extended plank. Gerakan ini harus didahuli gerakan elbow plank maupun standar plank. Jika tidak, bisa-bisa bisa otot Anda terkilir karena kurang pemanasan.

Extended plank dimulai dengan posisi seperti standar plank. Tumpuan kaki mundur perlahan hingga tangan  berada di atas kepala dan wajah mendekati lantai.

Gerakan terakhir adalah knee tuck plank. Gerakannya mirip kuda-kuda saat mulai berlari. Tetapi, posisi tetap berada di tempat, namun lutut diangkat lalu gerakkan ke arah dalam.

Jadi, tak  ada lagi alasan bermalas-malasan untuk berolahraga. Lakukan 1-5 setiap hari,  tunggu sebulan kemudian lalu mengatakan, selamat tinggal perut buncit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here