Manfaat Tebu Untuk Tubuh Kita

0
2197
Istimewa

LIPUTAN1.COM-Minuman sari tebu rasanya memang begitu manis saat dicecap lidah apalagi disajikan dalam keadaan dingin. Tak hanya dapat menyegarkan tubuh, tetapi juga sebagai pelepas dahaga saat berbuka. Lalu apa saja keistimewaan dari sari tebu? Inilah penjelasannya.

Sesuai dengan namanya, minuman sari tebu berasal dari batang tebu, yang bernama latin Saccharum Officinarum. Salam bahasa Latin, Sacharum biasanya memiliki arti rasa manis.

Banyak penjaja air tebu atau lebih dikenal dengan nama sari tebu menjamur di banyak tempat. Anda pun dapat menjumpainya mulai dari tepi jalan sampai di dalam mall besar sekalipun. Pada umumnya, hasil tanaman tebu dipasok ke perkebunan besar untuk diproses menjadi gula pasir.

Lalu, dari manakah tebu yang dijadikan sari tebu? Pada umumnya, tebu ini berasal dari kebun-kebun rakyat seperti Malang, Tegal, Cirebon dan masih banyak lagi.

Pembuatan Sari tebu

Tanaman tebu tergolong di dalam keluarga gramineae atau rumput-rumputan dan cocok dibudidayakan di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia. Sentra-sentra perkebunan tebu terbesar terdapat di berapa daerah seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur, perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah seperti daerah Cirebon juga terdapat pula di daerah Jambi.

Sari tebu dibuat dengan cara menggiling batang batang tebu menggunakan alat khusus, yakni mesin pemeras tebu. Setelah batang tebu dimasukkan ke bagian penggilasan, segera muncul air yang disebut sari tebu dan air tersebut ditampung dalam sebuah wadah.

Sari tebu mempunyai manis menyegarkan sehingga membantu menghilangkan rasa dahaga dan dapat membantu memulihkan tenaga. Terdapat beberapa jenis tebu yang sangat baik untuk diambil sarinya.

Selain airnya yang banyak, rasanya pun lebih manis, seperti tebu berwarna hijau, merah muda terang yang berasal dari kota Malang. Tebu tersebut juga sering dikenal dengan nama tebu madu. Untuk tebu yang ditanam di daerah Tegal, Cirebon, Kediri, Blitar dan Tulungagung mempunyai batang berwarna hijau kekuning-kuningan dan diameter batangnya berukuran lebih kecil dibandingkan dengan batang tebu yang warnanya merah. Tebu tersebut dikenal dengan nama tebu hijau.

Tebu hijau jika diolah menjadi sari tebu akan menghasilkan air yang berwarna hijau dan airnya agak kental seperti susu dan sedikit berbusa, tapi rasanya cukup manis. Sedangkan, tebu Jambi batangnya cukup besar dengan warna kecoklatan. Sari tebu yang dihasilkan kurang manis diri bila dibandingkan dengan jenis tebu lainnya.

Kandungan dan Manfaat dari Sari Tebu

Berbeda dengan gula pasir yang terbuat dari tebu, sari tebu merupakan proses perasan tebu. Jadi, sifatnya segar tanpa adanya proses apapun seperti pemanasan dan sebagainya yang dilakukan pada pembuatan gula pasir.

Minuman sari tebu sangat aman dan baik untuk dikonsumsi oleh segala usia yang dimulai dari anak-anak sampai lanjut usia dengan jumlah yang tidak terlalu berlebihan. Nutrisi yang terkandung di dalam satu gelas sari tebu, yakni sekitar 250 ml terkandung sebanyak 80 kalori dan karbohidrat dalam bentuk gula sebanyak 21 gram.

Selain bernutrisi, sari tebu juga memiliki kandungan polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Polifenol merupakan komponen fitonutrien yang bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan karena serangan radikal bebas serta membantu proses detoksifikasi dalam membuang racun dari dalam tubuh.

Banyaknya kadar polifenol di dalam sari tebu tidak sama antara satu dengan yang lain. Hal itu sangat bergantung dari jenis tebu dan banyaknya tubuh yang digunakan untuk membuat satu gelas sari tebu. Hal itu sangat bergantung dari jenis tebu dan banyaknya tebu yang digunakan untuk membuat satu gelas sari tebu.

Karena sari tebu adalah hasil perasan dari batang tebu segar, sari tebu ini memiliki kandungan enzim yang masih aktif dan ditengarai mempunyai efek antidiabetes dan tak berbahaya bagi penderita diabetes. Enzim yang masih aktif ini ditengarai mempunyai efek anti diabetes dan tak berbahaya bagi penderita diabetes

Di samping itu, sari tebu memiliki kemampuan sebagai anti racun dan antiseptik. Bahkan, membantu untuk mengurangi risiko kanker, penurun panas dan menjaga kebugaran tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here