CAF Tambah Peserta Piala Afrika 2019

0
551
Istimewa

LIPUTAN1.COM-Piala Afrika kerap dianggap sebagai turnamen yang memusingkan bagi klub-klub top Eropa. Pasalnya turnamen dua tahunan ini dilangsungkan pada awal tahun. Padahal liga-liga Eropa dalam periode yang sama sudah memasuki pertengahan musim yang krusial. Keberadaan Piala Afrika lantas dianggap sebagai gangguan oleh klub-klub Eropa yang kebetulan diperkuat oleh pemain Afrika.

Namun sikap sebal yang ditujukan oleh klub-klub Eropa nampaknya tidak akan berlanjut lagi. Pasalnya mulai tahun 2019, turnamen Piala Afrika akan diselenggarakan pada pertengahan musim. Perubahan tersebut diresmikan oleh komite eksekutif federasi CAF saat melakukan sidang di Rabat, Maroko.

Selain mengubah waktu penyelenggaraan, Piala Afrika 2019 juga bakal mengalami penambahan jumlah peserta. Nantinya mulai edisi 2019, Piala Afrika bakal diikuti oleh 24 tim dari yang awalnya hanya diikuti oleh 16 tim. Perubahan ini serupa dengan perubahan yang terjadi pada Piala Eropa edisi tahun lalu.

Kamerun bakal menjadi tuan rumah Piala Afrika dengan konsep baru tersebut. Karena jumlah tim peserta dan pertandingan bakal bertambah, maka otomatis negara tersebut harus melakukan persiapan ekstra untuk memastikan agar turnamen Piala Afrika 2019 berjalan tanpa kendala. Saat ini Kamerun juga berstatus sebagai juara bertahan Piala Afrika.

Perubahan ini menjadi salah satu kebijakan terpenting Ahmad Ahmad sejak mulai menjabat sebagai presiden CAF pada bulan Maret tahun ini. Dalam pertemuan yang sama, CAF juga sempat mempertimbangkan bakal mengundang tim-tim dari luar Afrika untuk ikut serta. Namun wacana tersebut pada akhirnya tidak direalisasikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here