Bersinergi untuk Pancing Wisman dan Wisnus dengan Mahakarya Borobudur

0
566
Istimewa
LIPUTAN1.COM,  JAKARTA – Upaya melambungkan kawasan wisata Candi Borobudur sebagai destinasi dunia terus dilakukan dengan berbagai jurus. Salah satunya adalah melalui event menarik di kompleks candi Buddha terbesar di dunia yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu.
Rencananya, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Persero) akan menggelar acara bertitel Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion pada 30 September mendatang. Event yang memadukan keterampilan dan seni itu merupakan hasil kerja sama perusahaan BUMN tersebut dengan Nira Creatives.
Direktur Pemasaran dan Pelayanan TWC Ricky Siahaan mengatakan bahwa acara itu sebagai bentuk upaya melestarikan warisan budaya, khususnya Candi Borobudur. Pihaknya memiliki kewajiban untuk terus menggelar acara yang bisa membuat destinasi unggulan itu makin dikenal di dunia internasional.
“Sebagaimana kita ketahui bersama Candi Borobudur telah diakui sebagai World Heritage oleh UNESCO. Untuk itu event ini akan kami garap dengan serius,” kata Ricky Siahaan saat jumpa pers di kawasan Sarinah, Jakarta, Kamis (20/7).
Pihak TWC berharap Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion bisa menarik banyak wisatawan mancanegara (wisman) ataupun turis  domestik. Sedangkan tiket untuk acara tersebut sudah mulai dijual secara online.
Acara Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion mendapat dukungan dari sinergi BUMN serta perusahaan swasta yang peduli terhadap warisan budaya. Semua elemen berkomitmen mendukung pengembangan industri kreatif nasional, terutama yang berbasis pada nilai-nilai seni dan budaya Indonesia.
Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion bakal dimeriahkan oleh hairstylist dan desainer kebaya kenamaan Anne Avantie. Menariknya, Anne akan memamerkan karya-karya fashion maupun tata rias dan mode rambut terbaik yang terinspirasi oleh relief-relief di Candi Borobudur.
“Semua karya yang akan ditampilkan terinspirasi dari relief-relief di Candi Borobudur, baik dari sisi fashion maupun untuk mode rambut,” ucap Anne.
Sejumlah aktivitas lain bakal memeriahkan pelaksanaan Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion. Antara lain tarian kolosal UniYutta Dance Company, penampilan Maria Calista, Lucky Octavian, dan Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw.
Menpar Arief Yahya memang sudah menetapkan ikon pariwisata Joglosemar adalah Borobudur. Taglinenya Mahakarya Budaya Dunia, atau World’s Cultural Masterpiece. Bukan hanya untuk Kab Magelang, tenpat di mana candi itu berdiri, tetapi juga untuk 4KSPN di Joglosemar.
“Keempat KSPN atau Kawasan Strategis Pariwisata Nasional itu antara lain Borobudur, Dieng, Dieng dan Karimunjawa. Di level global, yang paling cepat diingat, mudah mendapatkan impressions, paling dikenal, paling spektakuler adalah Borobudur. Maka pamor itulah yang kita ambil sebagai ikon,” kata Menpar Arief.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here