Team Robot Universitas Budi Luhur Kembali Raih Prestasi Nasional

0
701
Team Robot Universitas Budi Luhur Kembali Raih Prestasi Nasional

Liputan1.com-Team Robot Universitas Budi Luhur Kembali Raih Prestasi Nasional

Perhelatan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2017 Tingkat Nasional telah selesai diselenggarakan di Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Minggu, (9/7/2017).

Dalam kejuaraan Kontes Robot Indonesia 2017 Tim Robot yang dibimbing oleh Dekan FakultasTeknik Sujono, dan Kaprodi Elektro Akhmad Musafa, setelah melalui penjurian yang ketat dengan nama Elektro Squad mendapatkan prestasi sebagai Juara II untuk kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia ( KRSBI ).

Di babak penyisihan, tim Elektro Squad keluar sebagai juara grup, menyisihkan tim dari Politeknik Indramayu, Politeknik Negeri Jakarta, dan Universitas Indonesia.

Puncak acara pertandingan KRI dilaksanakan mulai hari sabtu, S Juli 2017.
Pada dua divisi yang diikuti oleh tim Elektro Squad (divisi KRSBI berada) dan Blue Deep  (KRAI) dari Universitas Budi Luhur dilaksanakan menggunakan sistem setengah kompetisi.
Pada diVlSI KRSBI Baroda, 24 tim peserta dibagi dalam 8 grup dengan masmg-masing grup terdiri dari 3 tlm hm Elektro Squad tergabung dalam grup C bersama tim Fukuro dari UGM Yogyakarta dan tim IR-AGROCCER dari Politeknik Negeri Jember Pada babak penyisihan, tim E ektro Squad menjadi runner up grup setelah dua kali bermain imbang 0-0 melawan tim dari Politeknik Negeri Jember dan tim dari UGM Juara grup diraih tim UGM setelah berhasil mengalahkan Politeknik Negeri Jember 1-0 pada pertandingan terakhir penyisihan grup.
Hasil lni membawa tim Fukuro dari UGM dan tim Elektro Squad dari Budi Luhur maju ke babak perdelapan final
Di babak perdelapan final, langkah tim Elektro Squad terhenti setelah dikalahkan oleh tim GERHANA DEWARUCI dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dengan skor 2-1 Tim Politeknik Perkapan sendiri pada akhirnya berhasil meniadi Juara 1 KRSBI Beroda setelah pada babak hnal menang 3-1 melawan tim RIC-WARRIOR dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Pada div KRAI, Tim Blue Deep meraih hasil lebih baik dengan berhasil menjadi Juara Harapan pada KRI Nasional tahun 2017 ini. Tim Blue Deep yang pada babak penyisihan hanya menempati posnsi runner up grup, pada babak perdelapan final berhasil mengalahkan tlm Pensae dan Politeknik Elektronika Surabaya, sehingga lolos ke babak perempat final
Kemenangan atas tim langganan juara ini disambut antusias seluruh anggota tim.
‘Kemenangan atas tim dari PENS ini membuktikan kita (tim robot Budi Luhur) Juga memiliki kualitas dan peluang yang sama dengan tlm-tim lain yang selama ini dikenal sebagai tlm mapan untuk menjadi juara”, ungkap Van Everhard, Kepala Pusat Studi Robot ka Universitas Budi Luhur yang juga dosen pembimbing tim Blue Deep, Sabtu (8/7/2017).
Pada babak perempat final tim Blue Deep kembali meraih kemenangan atas! m KRAKATAU FOUR dari Universrtas Teknokrat IndoneSIa Kemenangan ini mengantarkan tim Blue Deep menapakkan kaki pada babak Semi Final DI babak semi final, langkah tim Blue Deep terhenti setelah kalah dari tim BRAHMANA dari (ST AKPRIND Yogyakarta, yang pada akhirnya tim ini menjadi Juara 1 KRAI setelah pada partai Final mengalahkan tim tuan rumah ISOLA_229 dan UPI Bandung Pada babak Mal perebutan Juara 3 tlm Blue Deep kembali menelan kekalahan dari tlm C»GOTJA_MP dari Politeknik Negeri Ujung Pandang, seh ngga harus puas dengan menjadi juara harapan
Namun jika melihat prestasi pada KRI tahun sebelumnya, prestasi tim robot Universitas Budi Luhur tahun ini mengalami peningkatan yang berani, dan semoga akan terus meningkat prestasmya pada KRI tahun-tahun berikutnya, amin.
Bagi juara pertama KRAI 2017 tingkat nasional akan mewakili Indonesia untuk bertanding di ajang internasional ABU Robocon yang akan berlangsung pada tanggal 26-28 Agustus 2017 di OTA Gymnascium Center Tokyo, Jepang. Begitupun dengan pemenang tim KRPAI tingkat nasional akan dikirim sebagai delegasi Indonesia pada kontes sejenis di Trinity College Hardfort, Connecticut, Amerika Serikat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here