Daun Sirsak Dapat Dijadikan Obat Penyembuh Kanker

0
688
Istimewa

LIPUTAN1.COM-Sirsak tak hanya segar dan nikmat dimakan. Buah dan daunnya juga memiliki khasiat seperti kemoterapi yang dapat mencegah terjadinya kanker usus. Bagi penderita kanker, rebusan daun sirsak dapat membunuh sel kanker. Benarkah demikian?

Sirsak kaya akan vitamin C, yaitu 20 mg per 100 gr daging buah. Kandungan mineral seperti fosfor dan kalsium masing-masing 27 dan 14 mg/100 gr. Fosfor dan kalsium ini sangat penting untuk pembentukan massa tulang sehingga tulang kuat dan mencegah osteoporosis.

Sirsak mengandung sedikit lemak (0,3 gr/100 gr) sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Sirsak juga mengandung serat tinggi, yang berfungsi untuk melancarkan sembelit. Sembelit ini merupakan salah satu gejala kanker usus.

Selain buah, daun sirsak juga memiliki banyak khasiat. Berdasarkan hasil penelitian Dr Jerry McLaughlin di Amerika Serikat, daun sirsak bermanfaat sebagai antikanker.

Sirsak kaya akan karbohidrat yang berasal dari gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total.

Daun sirsak juga mengandung senyawa aktif pembunuh sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel tubuh. Senyawa aktif ini meningkatkan pemompaan P-glycoprotein untuk menghasilkan senyawa yang bersifat antikanker atau kemoterapi.

Menurut dr. Tirtawinata, ahli buah dari Bogor minum 200 ml rebusan ekstrak daun sirsak dua kali sehari dapat membunuh sel kanker yang bersarang di tubuh dengan sendirinya.

Ditambahkan seorang herbalis, dr. Erna Cipta Fahmi, daun sirsak memiliki sifat seperti kemoterapi, bahkan lebih hebat lagi. Pasalnya, daun sirsak hanya membunuh sel-sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel yang lain tumbuh normal.

Pengobatannya juga tanpa efek samping mual, berat badan turun, dan rambut rontok. Sementara pada kemoterapi masih membunuh sebagian sel normal dan menimbulkan rasa sakit pascakemoterapi.

Sebaliknya, karena bahan yang dipakai adalah bahan alami sehingga efek dari minum rebusan daun sirsak, perut akan terasa hangat atau panas, lalu badan berkeringat deras.

Namun gejala itu tidak berbahaya karena justru obat tersebut sedang bereaksi, dan toksin keluar lewat keringat. Manfaat dari rebusan daun sirsak baru akan terlihat setelah rutin minum selama kurang lebih 3-4 minggu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here