Isu Reshuffle Kabinet Jilid 3, Partai Buruh : Menpora Layak Diganti

0
464

Liputan1.com-Isu Reshuffle Kabinet  kembali meguat, Sejumlah menteri yang kinerjanya tak memuaskan disebut akan digeser, sebagian lagi diganti. 


Kabar reshuffle muncul saat pemerintahan Presiden Jokowi-JK akan berusia 3 tahun pada 20 Oktober mendatang. Pada 2014, Jokowi pernah melemparkan sinyal akan mengganti menterinya jika tak mencapai target yang ditetapkan dalam waktu 3 tahun.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Partai Buruh, Sonny Pudji Sasono, sangat mendukung penuh hal tersebut. Menurutnya, ada sejumlah menteri yang memang harus diganti. Di antaranya Kemenpora yang dipimpin Imam Nahrawiex

 “Dalam kondisi negara yang seperti sekarang, Presiden Jokowi memang harus sesegera mungkin melakukan reshufle kebinet di beberapa kementerian,” tegas Sonny Pudji Sasono, di Jakarta, Kamis (13/07/2017) siang.
 Dari 34 menteri yang ada sekarang, dia melihat posisi Menpora yang saat ini diduduki oleh politisi PKB, Imam Nahrawi, sangat rentan untuk dipertahankan.
“Presiden Jokowi sangat marah ketika mengetahui Kemenpora kembali mendapat disclaimer dari BPK. Apakah kementerian seperti itu akan dipertahankan menterinya?” tukas Sonny yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Kajian Strategis Diplomasi Politik Kebudayaan Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI).
Kementerian lain yang patut diganti menterinya adalah Kementerian Daerah Tertinggal. “Dibandingkan kementerian lain, kementerian ini benar-benar tertinggal.”
Ketika ditanya siapa yang pantas mendapat kepercayaan menjadi menteri, Sonny menjawab ada beberapa tokoh yang layak menjadi menteri.
“Namun jika Menpora akan diganti, saya melihat sosok Sutiyoso atau Bang Yos (mantan gubernur DKI Jakarta), sangat layak menjadi penggantinya,” sergah Sonny.
 Salah satu alasan Sutiyoso pantas dipilih sebagai Menpora, karena berpengalaman memimpin Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan Persija Jakarta.
 “Bang Yos punya pengalaman menjadi gubernur Jakarta, memimpin olahraga, khususnya bulu tangkis dan sepak bola. Sebagai mantan gubernur dan Pangdam Jaya, dia juga punya pengalaman dan ketegasan. Mudah-mudahan di tangan Bang Yos, Kemenpora bisa lebih baik dan tak akan mendapat disclaimer lagi dari BPK,” tandasnya.
DLebih dari itu, lanjutnya, sebagai orang yang dekat dengan Jokowi, ikut mengusung Jokowi sebagai capres pada Pemilu 2014 (PKPI), Sutiyoso pasti bisa dengan mudah berkerja sama dengan Presiden Jokowi.
“Apalagi beberapa waktu lalu, Bang Yos dipercaya Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai kepala BIN. Moga-moga jika Bang Yos jadi Menpora, Indonesia bakal sukses meraih prestasi di Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta,” tutupnya.
 Sebelumnya, Jokowi sempat mengamuk ketika mengetahui sejumlah kementerian dan lembaga mendapat disclaimer dari BPK, Mei lalu.
“Kementerian KKP ada? Kemenpora? TVRI? Ini bolak-balik disclaimer bertahun-tahun enggak rampung-rampung. Coba ditampilkan lagi yang disclaimer tadi,” kata Presiden Jokowi, berang.
Jokowi pun meminta kementerian dan lembaga yang masih disclaimer, secepatnya melakukan perbaikan. Targetnya tahun depan harus mendapat status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).
“WDP saja tidak boleh, apa lagi disclaimer. Maka dari itu saya minta dibentuk tim task force (gugus tugas) dari pemerintah agar yang disclaimer itu bisa meloncat ke WTP,” tambahnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here