Anda Ingin Cari Jodoh, Datang Saja ke Pantai Ini 

0
716
Istimewa
LIPUTAN1.COM, SAMPANG – Anda belum beroleh jodoh? Atau  sedang berstatus janda kembang atau duda keren? Sedang ingin mencari pasangan, silahkan datang ke pantai jodoh. Lokasinya di tepi pantai Desa Bira Timur, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, Madura.
Pantai Jodoh saat ini lagi ngehits di wilayah pantai utara (pantura) Madura dan menjadi destinasi wisata unik. Setiap hari pantai tersebut ramai dikunjungi wisatawan. Kunjungan semakin meningkat saat momen libur Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.
Pemilik sekaligus pengelola tempat tersebut ialah Ajiffuw, 30, warga Desa Karang Anyar, Kecamatan Ketapang, Sampang. Pantai Jodoh sebenarnya adalah kafe untuk nongkrong. Namun, karena desainnya unik, tempat itu ramai dikunjungi warga.
Pengunjungnya dari berbagai kalangan. Mulai muda-mudi hingga pasangan suami istri. Menurut Ajiffuw, ide membuat desain kafe seperti tempat tongkrongan awalnya hanya iseng.
Sebab, dirinya tidak memiliki pekerjaan saat itu. Menurut dia, konsep yang digunakan lebih banyak muncul secara spontanitas. ”Iya, secara tiba-tiba saya beri nama Pantai Jodoh. Lalu, saya kasih tulisan kamar janda, duda, jomblo, dan istri muda. Itu juga spontan saja,” tuturnya.
Ternyata, ide spontan yang diterapkannya malah disenangi pengunjung. Menurut dia, nama unik itu menjadi daya tarik bagi pengunjung. Pengunjung banyak yang berfoto, kemudian diunggah ke media sosial (medsos). Dari situlah, pamor pantai itu ngetop.
Cara promosi yang dilakukan Ajiffuw ini sebenarnya tidak didesain sebagaimana POSE (Paid Media, Own Media, Social Media dan Endorser) ala Menpar Arief Yahya. Tapi karena ada spot foto yang layak medsos, dengan sendirinya ngetop melalui jejaring media sosial tersebut.
Pantai ini seolah sudah menjadi biro jodoh. Tidak sedikit muda-mudi yang bertemu dan berkenalan di sana. Di antara mereka memiliki hubungan spesial. Bahkan, sebagian berakhir di pelaminan. ”Alhamdulillah, sudah banyak pengunjung yang berhasil lanjut ke pelaminan usai kencan dan berkenalan di tempat ini. Itu yang saya ketahui,” kata Ajiffuw.
Dia menjelaskan, perkenalan antara pengunjung sebagian terjadi kerena keinginan sendiri. Namun, pihaknya juga memfasilitasi mereka. Tidak sedikit seorang pengunjung mengenal pengunjung lain atas perantara pegawainya di pengelola Pantai Jodoh Ajffuw.
”Selain menikmati menu makanan dan minuman, pengunjung di sini diberi kesempatan bertukar nomor handphone dengan sesama pengunjung. Pegawai kami memfasilitasi itu,” ujarnya.
Ajiffuw mengakui, dengan banyak pengunjung yang datang ke kafenya, keuntungan yang didapat relatif besar. Bahkan kini dia telah mempekerjakan karyawan. Dia berharap usaha yang dilakukan menginspirasi orang lain.
Selain untuk kepentingan ekonomi keluarga, Ajiffuw memiliki misi khusus. Dia ingin memajukan dan mengenalkan potensi serta kemampuan masyarakat pantura dalam berwirausaha.
Selain menikmati panorama alam pesisir pantai, pengunjung bisa menikmati kuliner. Terdapat banyak menu yang bisa memanjakan lidung pengunjung. Untuk minuman, ada kopi, aneka jus, dan minuman segar lainnya. Sementara itu, menu makanan juga variatif. Di antaranya, bebek goreng sambal mangga.
Menu itu menjadi menu favorit bagi pengunjung. Pengunjung bukan hanya warga sekitar, melainkan banyak yang berasal dari luar kabupaten. Tak hanya itu, pengelola Pantai Jodoh patut dicontoh dan diapresiasi semua pihak.
Sebab, tempat wisata yang dikelola sejak awal 2017 sudah dilengkapi dokumen perizinan sesuai dengan prosedur. ”Saya tidak lulus SD. Tapi, kami tetap mengikuti prosedur yang dijalankan pemerintah sehingga usaha yang kami jalankan tidak bertentangan dengan hukum,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here