INASGOC Membutuhkan 1900 Relawan Untuk Persiapan Asian Games

0
597
Istimewa

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Sekertaris Jenderal INASGOC, Eris Heryanto, mengaku sangat membutuhkan partisipasi dari masyarakat Indonesia untuk menyukseskan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus 2018. Eris menyebut INASGOC akan segera membuka pendaftaran untuk para relawan karena test event dihelatkan tahun ini.

“Setidaknya kami butuh 1900 orang relawan saat ini untuk  Asian Games,” ujar Eris kepada wartawan di Wisma Serbaguna Senayan, Senin (3/7/2017).

“Pengumumannya bakal kami lakukan lewat situs resmi INASGOC. Saat ini kami masih membahas soal proses perekrutan pada Rabu (5/7) nanti,” sambungnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Eric Thohir, menyebut pencairan dana tahap pertama sebesar Rp 500 milliar sudah bisa digunakan. Erick berujar dana tersebut bakal dipakai untuk membayar uang muka venue, test event, dan countdown ceremony Asian Games 2018.

Erick juga menjelaskan mengapa proses pencairan dana membutuhkan waktu yang cukup lama. Pemilik klub Satria Muda Pertamina itu menyebut banyak persetujuan yang harus dilalui INASGOC sebelum bisa menggunakan dana Rp 500 milliar dari anggaran Rp 1,8 triliun yang telah ditetapkan.

“Ada proses yang harus dilewati karena kedudukan INASGOC sebagai satuan kerja memerlukan beberapa perangkat dari kementerian. Setelah proses itu selesai, saat ini anggaran sudah bisa digunakan dan kami tidak ingin melanggar prosedur pemerintah,” ujar Erick.

“Sekaligus ingin saya sampaikan pada bulan Agustus nanti tepat setahun sebelum Asian Games berlangsung kami bakal melakukan countdown ceremony. Sekarang semua masih materi kreatif dan nanti kami akan sampaikan acara apa saja,” imbuh dia.

INASGOC  juga rencananya bakal melakukan test event mulai November 2017 sampai Maret 2018. Namun, ada beberapa cabang olahraga yang harus memulai uji coba lebih cepat yakni Paragliding yang direncanakan bakal mulai dihelat pada Agustus 2017.

Faktor cuaca menjadi penyebab mengapa cabang olahraga Paragliding harus melakukan test eventlebih cepat. Erick menyebut saat ini tengah menunggu proposal untuk melaksanakan test event Paragliding.

“Paragliding diutamakan INASGOC karena faktor cuaca. Biasanya di bulan Agustus curah hujan tidak terlalu tinggi dan cocok untuk menggelar event Paragliding ketika Asian Games” ujar Eric Tohir

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here