Komnas HAM Setuju TNI Ikut Berantas Terorisme

0
431
Komnas HAM Setuju TNI Ikut Berantas Terorisme

Liputan1.com-Komnas HAM Setuju TNI Ikut Berantas Terorisme

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia menyetujui keterlibatan TNI dalam pemberantasan tindak pidana terorisme dengan syarat khusus yang berdasarkan pada Undang-undang No 34/2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Nur Kholis mengatakan tindak pidana terorisme merupakan kejahatan yang serius, mengakibatkan jumlah korban yang besar dan memberikan dampak psikologis jangka panjang yang diderita korban maupun saksi.

“Tindak pidana terorisme mengakibatkan terlanggarnya hak para korban, keluarganya, atau masyarakat khususnya hak hidup serta hak atas rasa aman. Negara harus melindungi hak-hak tersebut sehingga negara harus melakukan pemberantasan tindak pidana terorisme,” ujarnya dalam rilis yang diterima Selasa (30/5/2017).

Meski demikian, menurutnya, penindakan terhadap kejahatan terorisme harus menggunakan pendekatan penegakan hukum dan dilaksanakan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia dengan tetap menjamin terlindungnya hak asasi manusia korban dan keluarganya, masyarat, serta para tersangka, terdakwa, narapidana, beserta keluarganya.

Mengingat berbagai pertimbangan itu, menurut Komnas HAM, keterlibatan pihak militer dalam pemberantasan tindak pidana terorisme hanya dilakukan sebagai langkah terakhir sebagaimana yang ditetapkan dalam Pasal 7 UU No.24/2004 tentang TNI. Pasal itu menyatakan pelaksanaan operasi selain perang yang dilakukan oleh militer bisa dilakukan berdasarkan keputusan politik negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here