Presiden Duterte Ijinkan Tentaranya Memperkosa

0
651

Liputan1.com-Presiden Duterte Ijinkan Tentaranya Memperkosa

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte dikenal sebagai tokoh yang kontroversi karena kebijakan dan tutur katanya yang blak-blakan. Belum lama ini, Duterte sebut tentara boleh memperkosa tiga wanita.

Ia mengatakan bahwa tentara Filipina boleh memperkosa hingga tiga wanita dan akan mempertanggung jawabkannya secara pribadi.

“Dalam keadaan darurat dan konsekuensinya, saya akan bertanggung jawab. Lakukan saja pekerjaan kalian, saya akan mengurus hal lainnya,” kata Duterte.

“Jika anda melakukan pelanggaran, saya siap dipenjara. Jika anda memperkosa tiga perempuan, saya juga akan mengakuinya,” lanjut Duterte.

Pidato tersebut disampaikan Duterte untuk menyemangati tentara Filipina yang bertugas di Pulau Mindanao. Pada saat ini telah diberlakukan darurat militer pascaserangan pemberontak ekstremis Islam

Duterte dikenal dengan gaya yang informal dan gamblang. Pidatonya sering berisi lelucon tentang sesuatu yang tabu. Meski dicemooh oleh banyak orang, masyarakat Filipina dianggap cukup segan dengan sosoknya.

Namun, pernyataannya tersebut justru membuatnya dikecam banyak orang, termasuk aktivis perempuan. Mereka berpendapat tak sepantasnya Duterte melontarkan pernyataan demikian.

Seperti diketahui, pemerintah Filipina saat ini darurat militer di Mindanao. Status tersebut bermula sejak kelompok ekstremis melakukan serangan di Marawi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here