Wisata Daur Ulang RPTRA DKI Jakarta Kunjungi New Bank Sampah Universitas Budi Luhur

0
923
Jpeg

Liputan1.com-Wisata Daur Ulang RPTRA DKI Jakarta Kunjungi New Bank Sampah Universitas Budi Luhur

Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) Pemeritah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, selama dua hari yaitu tanggal 23 dan 24 Mei 2017, mengirim pengurus RPTRA dari lima wilayah DKI, melaksanakan Wisata Daur Ulang di Universitas Budi Luhur Jakarta. Rangkaian kegiatan wisata daur ulang yang dilakukan di Universitas Budi Luhur antara lain, mengunjungi New Bank Sampah dan praktik langsung pengolahan sampah plastik, sampah kertas, serta sampah daun.

Perlu di ketahui, Budi Luhur baru sebulan yang lalu meresmikan New Bank Sampah dan merupakan Universitas pertama di Jakarta Selatan yang memiliki Bank sampah lengkap dengan Pengolahan limbah dan Galery daur ulang.

Kegiatan yang di lakukan oleh DPPAPP Pemrov DKI ini adalah dalam rangka modeling pemberdayaan masyarakat melalui Komunitas Pemberdayaan Masyarakat Kota Jakarta di RPTRA. Harapannya, pengurus RPTRA dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif dan inovatif seperti yang telah di laksanakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Nyiur yang menjadi binaan Universitas Budi Luhur, dalam mendampingi dan memberdayakan msyarakat untuk bersahabat dengan sampah.

Bu Chomsyaniar Ramdiana kepala seksi pengabdian pada masyarakat dan teknologi tepat guna, dalam sambutanya saat mendampungi RPTRA  Mutiara Sumur Batu dan RPTRA Bandar Kemayoran mengatakan,

“Luar biasa sekali kami sangat bangga karena di Budi Luhur di terima langsung oleh Rektor dan Direktur Riset & PPM, dalam wisata daur ulang ini. Kami secara nasional selalu mengadakan lomba inovasi dan produk unggulan daur ulang dari masyarakat, sehingga di sini kami ingin mencari wawasan, guna menghasilkan produk-produk terbaru dan bisa kami unggulkan dalam lomba nasional,’ ungkapnya

Di buka oleh Direktur Riset dan PPM Dr. Drs. Sugiharto, M.Sc,M.Fin, peresmian kegiatan oleh Rektor Universitas Budi Luhur  Prof. Dr. Sc.Agr. Ir. Didik Sulastyanto, dilanjutkan dengan penyampaian materi-materi kegiatan pengabdian masyarakat di Budi Luhur oleh Wadir Riset dan PPM Putri Suryandari ST,M.Ars, peserta selanjutnya melakukan kemitraan dengan KSM Nyiur Budi Luhur dalam program pemberdayaan masyarakat, penjelasan Tempat sampah Digital oleh Ketua New Bank Sampah BL Mufti, S.Komp, M.Komp, serta di tutup dengan workshop daur ulang. Kegiatan dari pukul 10.00 sampai dengan 16.00 berlangsung dengan penuh antusias dari peserta maupun tim New Bank Sampah Budi Luhur.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here