Mantan Presiden Barcelona Ditangkap Polisi

0
672
Mantan Presiden Barcelona Ditangkap Polisi/foto istimewa

Liputan1.com-Mantan Presiden Barcelona Ditangkap Polisi

Sandro Rosell ditangkap polisi pada Selasa, 23 Mei 2017 lalu terkait dengan investigasi pencucian uang. Berdasarkan sebuah sumber, AFP menyebutkan, Rosell bersama mantan presiden federasi Brazil (CBF), Ricardo Teixeira, menyedot uang sebesar 15 juta Euro dari tindakannya tersebut.

Selain Sandro Rosell, sang istri dan tiga orang lain turut ditahan polisi sebagai bagian dari operasi yang dilakukan di wilayah timur laut Catalonia. Pernyataan resmi dari pihak berwajib adalah, “Penyelidikan (terhadap Sandro Rosell dan orang-orang terkait) dilakukan untuk tindak pidana pencucian uang, melalui pengumpulan komisi ilegal untuk penjualan hak-hak audovisual timnas Brasil.”

Sandro Rosell sebelumnya adalah manajer Nike di Brazil. Ia mengawasi kontrak timnas Brazil dengan Nike, sebelum kemudian menjadi presiden Barcelona pada tahun 2010. Metode yang dilakukan Rosell adalah, uang yang berasal dari penjualan hak audio-visual tersebut, dipindahkan dari Brazil ke sebuah rekening bank di Swiss.

Dan dari sanalah, uang ditransfer ke sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Rosell di Andorra, negara kecil yang terletak di antara Spanyol dan Perancis, yang selama ini dikenal sebagai surga bagi para pengemplang pajak.

Rosell dan Ricardo Teixeira –presiden CBF pada periode tahun 1989  hingga 2012—, diduga membagi uang yang ditransfer tadi, untuk keuntungan mereka sendiri.

Ricardo Teixeira sendiri, sudah mundur dari jabatan presiden CBF pada 2012 menyusul tudingan dirinya melakukan korupsi. Dia menjadi tersangka setelah menerima suap dari ISL (International Sport and Leisure), perusahaan pemasaran berbasis di  Swiss.

Sebagai catatan, Sandro Rosell juga sudah mundur dari jabatannya sebagai presiden Barcelona. Selama menjabat ia digoyang isu pembelian Neymar yang menembus batas-batas normal. Pembelian tersebut diatur sedemikian rupa sehingga Barca terhindar dari kewajiban membayar pajak.

Kasus dugaan penggelapan pajak ini kemudian dihentikan setelah Rosell meraih kesepakatan dengan jaksa penuntut umum. Cuma, Rosell masih terkena tuntutan lain terkait kasus Neymar, yaitu dari perusahaan pemilik citra Neymar DIS, yang merasa dikerjai oleh Barcelona.

Pengganti Rosell, Josep Maria Bartomeu, tetap bertahan sebagai presiden Barcelona hingga saat ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here