Kemenpora Harap Gowes Pesona Nusantara 2017 Bisa Dongkrak Pariwisata Daerah

0
284
Kemenpora Harap Gowes Pesona Nusantara 2017 Bisa Dongkrak Pariwisata Daerah

Liputan1.com-Kemenpora Harap Gowes Pesona Nusantara 2017 Bisa Dongkrak Pariwisata Daerah

Penyelenggaraan Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 yang digelar Kemenpora terus berjalan dan mendapatkan sambutan meriah di berbagai daerah.

GPN yang mendapatkan acungan jempol dari Presiden Joko Widodo tersebut, dilaksanakan di 90 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Namun sejauh ini GPN sudah terlaksana di 12 kabupaten/kota

Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, menerangkan penyelenggaraan GPN mencapai banyak makna. Selain menyehatkan dan membugarkan, GPN juga bermanfaat untuk branding pariwisata.

Lebih jauh dikatakan Isnanta, yakni lewat tag line ‘Pesona Nusantara’. Karena itu, GPN diharapkan dapat berkontribusi mendongkrak pariwisata Indonesia.

“Karena itulah setiap titik start atau finish kami menggunakan lokasi wisata atau desrinasi-destinasi menarik. Ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi wisata daerah. Gowes juga ramah lingkungan dan hemar energi. Gowes juga memiliki makna memperkuat rasa persatuan dan kesatuan masyarakat. Karena kalau lagi gowes beramai-ramai masyarakat bercanda ria. Tidak ada perbedaan. Bupati, walikota dan anggota DPRD setempat juga bergowes,” tukasnya.

Isnanta mengaku bangga terhadap penyelenggaraan GPN yang disambut antusias oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Ini menandakan rasa persatuan dan kesatuan.

Namun demikian, Isananta menyadari masih ada sejumlah aspek yang harus diperkuat lagi, antara lain promosi, publikasi dan kerja sama dengan para tokoh nasional untuk turun ke kampung masing-masing agar gaung GPN lebih bergema ke seluruh penjuri Tanah Air.

Sementara itu, GPN dibuka di empat titik, yakni Sabang (Aceh), Atambua (Nusa Tenggara Timur) dan Merauke (Papua) pada 13 Mei 2017 dan Tarakan (Kalimantan Utara) pada 14 Mei 2017.

Kegiatan yang berada di bawah payung program Ayo Olahraga Kemenpora ini akan saling menyambung ke sejumlah kabupaten/kota dan berakhir di Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September, di Magelang, Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here