Menteri Susi Raih Penghargaan Maritim Tertinggi Dunia di Washington DC

0
325
Menteri Susi Raih Penghargaan Maritim Tertinggi Dunia di Washington DC

Liputan1.com-Menteri Susi Raih Penghargaan Maritim Tertinggi Dunia di Washington DC

Penghargaan maritim tertinggi dunia yakni Peter Benchley Ocean Awards di Wahingston DC, Amerika Serikat.

Penghargaan tersebut diterima Menteri Kelautan dan Perikanan karena visi dan kebijakan pembangunan ekonomi dan konservasi laut di Indonesia. Salah satu kebijakannnya yakni pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal.

Menteri Susi mengatakan peran kunci yang diraihnya saat ini tidak lepas dari perannya sebagai menteri. Dengan penghargaan ini, meyakininya bahwa yang dilakukan Indonesia saat ini sudah benar.

“Jadi kita melihat bahwa perang melawan illegal fishing ini adalah perang yang menguntungkan. Tidak ada perang yang menguntungkan selain perang melawan illegal fishing,” jelas Menteri Susi dilansir kkp.go.id Jumat 12 Mei 2017.

Ia mengemukakan, kebijakan yang dilakukannya merupakan hasil perhitungan secara matang. Selain itu dalam setiap kebijakannya Menteri Susi juga selalu melakukan pemikiran mendalam serta target.

“Buktinya hasil yang dicapai memang luar biasa,” tambahnya.

Meski begitu, Menteri Susi mengakui saat memutuskan suatu kebijakan selalu ada tekanan di dalamnya. Namun, ia tetap tegas dan konsisten untuk menjadikan laut sebagai masa depan bangsa.

“Hanya kadang-kadang tekanan mengharuskan orang untuk berkompromi. Tapi saya berharap ini tidak akan pernah terjadi. Pak Jokowi sangat mengerti bahwa policy ini sangat baik,” paparnya.

Seperti diketahui, Peter Benchley Ocean Awards merupakan penghargaan maritim tertinggi di dunia yang bersifat unik. Penghargaan ini tidak hanya melibatkan pembuat kebijakan publik melainkan masyarakat yang menjaga laut juga dinilai.

Tak heran jika penerima penghargaan ini sebelumnya cukup bervariasi mulai dari presiden dan menteri, hingga aktivis, penjelajah, penyelam, jurnalis foto hingga sutradara film dan media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here