Ahok Diancam Dibunuh di Penjara

0
580
Keluar Penjara, Ahok Akan Temui Cawapres Ma'ruf Amin

Liputan1.com-Ahok Diancam Dibunuh di Penjara

Pernyataan mengejutkan dilontarkan Menteri Hukum dan Ham Yasonna Laoly terkait alasan pemindahan Basuki Tjahaja Purnama dari Rutan Cipinang, Jakarta Timur ke Mako Brimob Kelapa Dua Depok.

Dikutip dari Warta Kota (15/5), Menkumham Yasonna menyatakan ada ancaman pembunuhan terhadap Ahok yang muncul sesaat ia tiba di Rutan Cipinang.

“Ada pihak-pihak yang sangat tidak puas dan kemudian muncul ancaman (pembunuhan),” ujar politikus PDI Perjuangan tersebut.

Yasonna juga menjelaskan bahwa ia sempat mendapat informasi langsung dari Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta perihal kondisi Rutan Cipinang yang sangat padat sehingga sulit menjamin perihal keamanan. Setelah mendapat penjelasan itu, Ahok kemudian diputuskan untuk dipindahkan ke Mako Brimob Kelapa Dua.

Selain itu lokasi Rutan yang berada di jalan Arteri dipastikan akan mengganggu lalu lintas, karena banyak aksi dukungan dari gelombang masyarakat.

Sebelumnya pemindahan Ahok dari Rutan Cipinang ke Mako Brimob mendapat kritikan sejumlah pihak. Salah satunya dari anggota DPR Fraksi Partai Gerindra, A. Riza Patria. Dalam diskusi di Program Mata Najwa yang ditayangkan di MetroTV, Riza menyebut pemindahan Ahok itu adalah sebuah bentuk keistimewaan.

Bahkan Anggota Komisi II DPR itu juga menyatakan sudah ada helikopter khusus yang disiapkan untuk memindahkan Ahok ke Mako Brimob.

Seperti menjawab tudingan tersebut, Yasonna pun memberi pernyataan yang membantah hal itu. Yasonna mengatakan pemindahan tahanan ke Mako Brimob bukan hanya terjadi pada Ahok saja. Ia pun memberi contoh politikus Partai Demokrat, M. Nazaruddin yang terjerat korupsi proyek Hambalang juga pernah dipindahkan ke Mako Brimob.

Seperti dinformasikan detik.com (15/5), pernyataan Yasonna soal pemindahan Ahok juga sekaligus membantah adanya isu agar keluarga Ahok bisa menginap menemani Ahok.

“Sama sekali tidak benar ada keluarga yang ingin atau dizinkan menginap di rutan,” kata Yasonna.

Adanya ancaman pembunuhan terhadap Ahok seperti yang diutarakan Menteri Yasonna adalah pernyataan yang serius. Jangan sampai suasana yang sudah terlanjur gaduh malah menambah memperkeruh suasana. Ada baiknya semua pihak menahan diri dan tetap menghormati semua proses hukum yang sedang bergulir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here