Polisi Minta Bantuan Interpol Tangkap Habib Rizieq

0
548

Liputan1.com-Polisi Minta Bantuan Interpol Tangkap Habib Rizieq

Polda Metro Jaya telah menyiapkan penjemputan paksa terhadap Habib Rizieq Shihab. Pasalnya, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu tak kunjung pulang ke Indonesia untuk memenuhi panggilan polisi dalam kasus dugaan chat mesum.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, rencana penjemputan paksa Habib Rizieq akan dilakukan sesuai aturan. Jika Rizieq masih berada di luar negeri, penyidik akan meminta bantuan Interpol untuk melakukan penangkapan.

“Kami step by step sesuai aturan. Kami lakukan sesuai aturan dulu. Soal surat pemberitahuan tidak ada di Indonesia nanti akan dikoordinasikan, nanti kita gelar kembali,” ujar Argo, Senin (15/5).

Untuk bisa menggunakan Interpol, kata Argo, hal itu akan diputuskan oleh penyidik. Penyidik bakal menggelar perkara dulu untuk kasus ini. Karena untuk bisa diterbitkan red notice, seseorang mesti berstatus buron.

“Nanti akan kita rumuskan, yang penting kita urus dulu hari ini atau besok, kita cari dulu. Setelah tidak ada di Indonesia nanti akan dirumuskan langkah selanjutnya,” tambah dia.

Saat disinggung apakah akan segera mengeluarkan red notice atau buronan internasional sehingga Interpol bisa menangkap Rizieq, menurut Argo hal itu akan dibahas penyidik nantinya. “Ya nanti kita tunggu saja seperti apa,” sambung dia.

Namun yang pasti kata Argo, mereka akan memanfaatkan Interpol untuk bisa memulangkan Habib Rizieq. “Kita kan juga punya interpol, makanya kita manfaatkan semuanya,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here