Ditemukan di Waduk Cirata, Dosen ITB Tewas Bunuh Diri ?

0
590
Ditemukan di Waduk Cirata, Dosen ITB Tewas Bunuh Diri ?

Liputan1.com-Ditemukan di Waduk Cirata, Dosen ITB Tewas Bunuh Diri ?

Suryo Utomo (30) dipastikan pihak kepolisian melakukan aksi bunuh diri setelah beberapa hari menghilang.

“(Ada indikasi pembunuhan?) Bunuh diri,” kata Kapolres Cianjur, AKBP Arief Budiman, Senin (15/5/2017).

Arief melanjutkan, berdasarkan laporan sementara otopsi yang dikeluarkan tim forensik RSUD Cianjur pada Minggu (14/5/2017), terdapat luka-luka di 6 bagian tubuh pria 30 tahun tersebut.

“Pada bagian kepala, tulang iga, lengan kiri atas, punggung, paha dan gumpalan darah di kepala dan dada. Demikian hasil kesimpulan sementara otopsi,” jelas dia.

Hasil dari hasil otopsi yang dilakukan tim forensik RSUD Cianjur, terdapat luka-luka di sekujur tubuh Suryo Utomo.

“Pada bagian kepala ada luka terbuka tapi tidak rata. Luka sampai dengan dasar tulang kepala,” kata Arief.

Selanjutnya, tim forensik juga menemukan 4 tulang iga di bagian dada sebelah kiri Suryo Utomo yang patah. Tak hanya tulang iga, dokter juga menyatakan terdapat patah tulang di bagian punggung kanan-kiri korban dan paha.

“Tulang iga 1, 2, 3, 4 patah. Di bagian punggung, ada patahan tulang punggung kiri dan kanan. Di bagian paha kanan patah tertutup,” ujar Arief.

Dia menambahkan, terdapat luka bekas sayatan di lengan sebelah kiri, bagian atas tubuh korban serta gumpalan darah di bagian kepala dan dada korban.

“Ada resapan darah di bagian kepala dan dada,” tutup dia.

Di sisi lain, polisi juga memastikan barang berharga milik Suryo Utomo tidak ada yang hilang atau dicuri. Seluruh barang dan uang tersimpan utuh di dalam mobil milik dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB tersebut. Jasad Suryo mengambang di Waduk Cirata, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Barang-barang berharga itu sampai sekarang lengkap, tidak ada yang hilang. Keterangan keluarga juga barang-barangnya lengkap,” kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus.

Di dalam mobil Toyota Vios silver bernopol F-1031-DC itu, terdapat sejumlah barang di antaranya STNK, kunci mobil, ID card dosen ITB, ponsel merek Oppo hitam, dan sebuah dompet berisikan uang tunai Rp 131.000, identitas KTP serta SIM A dan C, kartu ATM, selembar struk penarikan uang di ATM Indomaret, struk pembayaran Indomaret, hingga amplop berisi isim bergambar macan bertuliskan huruf arab.

Mobil milik Suryo Utomo ditemukan di kawasan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.Mobil milik Suryo Utomo ditemukan di kawasan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Foto: istimewa

“Ini yang masih dalam pertanyaan, semua barangnya masih ada. Kita masih lidik motifnya seperti apa,” ujar Yusri.

Jasad bapak satu anak itu ditemukan mengambang di Waduk Cirata, Kabupaten Cianjur, Sabtu (13/5), sekitar pukul 15.30 WIB. Jenazah Suryo, kemarin malam, sudah dimakamkan oleh pihak keluarganya di TPU Cikutra, Kota Bandung.

Suryo dilaporkan hilang pada Rabu (10/5), usai mengantar ibunya ke Terminal Leuwipanjang. Ia tak kunjung pulang ke rumahnya di Jalan Sangkuriang. Keesokan harinya, mobil miliknya ditemukan di kawasan Ciranjang, Cianjur. Semua barang milik pribadinya ada di lokasi.

Dua hari kemudian, Sabtu sore (13/5), sesosok jasad laki-laki yang belakangan dipastikan Suryo ditemukan di Waduk Cirata, 15 kilometer dari lokasi temuan mobil Suryo. Jenazahnya sudah sulit dikenali.

Keluarga awalnya tidak yakin, namun setelah melihat kaos yang dipakai serta bekas tanda operasi di perutnya, akhirnya dipastikan jasad itu adalah Suryo Utomo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here