MA Belum Proses Permohonan Penangguhan Penahanan Ahok, Ada Apa?

0
697
Ahok Putuskan Cabut Permohonan Banding/foto istimewa

Liputan1.com-MA Belum Proses Permohonan Penangguhan Penahanan Ahok, Ada Apa?

Permohonan penangguhan penahanan yang diajukan tim kuasa hukum Basuki Tjahaja belum bisa diproses karena terkait langsung dengan pemeriksaan berkas perkara dan memori banding yang hingga kini belum diserahkan Pengadilan

Karena itu, Ketua Pengadilan Tinggi belum bisa menunjuk hakim yang mengangani perkara Ahok itu.

“Kalau (surat permohonan) penangguhannya sendiri udah kami terima. Seperti yang kami terangkan, kami masih menunggu berkas perkara Pak Ahok yang harus dikirim ke Pengadilan Tinggi,” ujar Johanes di Kantor Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Jumat (12/5).

Johanes mengatakan tidak mengetahui alasan mengapa berkas perkara Ahok masih belum dikirim. Namun ia meyakinkan, PN Jakarta Utara tidak akan mengulur-ngulur waktu karena kasus Ahok sangat menyita perhatian masyarakat.

Ia menduga ada dokumen yang harus dilengkapi. “Ya itu mungkin masih ada seperti yang ditunggu, seperti memori banding dan sebagainya. Ini kan perkara yang sangat menarik perhatian publik, perhatian masyarakat, pasti secepatnya dikirim,” ujar Johanes.

Hakim PN Jakut memvonis Ahok dua tahun penjara atas kasus penodaan agama. Hakim juga memerintahkan Ahok untuk langsung ditahan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur.

Namun, Selasa malam Ahok langsung dipindahkan ke Rutan Mako Brimob dengan alasan keamanan. Hal ini tak lepas dari sejumlah aksi damai dilakukan pendukung Ahok agar Pengadilan Tinggi memgabulkan penahanan dan banding vonis yang diajukan oleh Ahok dan kuasa hukumnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here