Insiden Busa Salju, Kontraktor MRT Disanksi

0
577
Insiden Busa Salju, Kontraktor MRT Disanksi

Liputan1.com-Insiden Busa Salju, Kontraktor MRT Disanksi

Dampak insiden busa sebelumnya viral dianggap sebagai salju yang meluber di Jalan Sudirman, kontraktor pada pemengerjaan proyek Mass Rapid Transit (MRT)diberi sanksi  berupa Demerit Point (pengurangan poin nilai pada aspek Health and Safety Environment/HSE).

Melubernya busa tersebut akibat kelalaian salah satu pekerja kontruksi proyek Mass Rapid Transit (MRT) untuk lupa menutup keran penyimpanan cairan berbusa atau material Kankyo-8. Ini membuat busa tersebut meluber  hingga ke Jalan Sudirman – MH Thamrin, Sabtu (06/5/17).

Corporate Secretary Division Head, Tubagus Hikmatullah dalam rilis yang diterima Poskotanews.com menyebut, dengan mendapat sanksi tersebut kontraktor terancam tidak akan dilibatkan lagi dalam proyek MRT selanjutnya.

“Pengurangan poin ini akan masuk ke penilaian atas kinerja kontraktor dan nantinya dapat mempengaruhi peluang kontraktor tersebut untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek MRT Jakarta di masa depan,” katanya, Minggu, (7/5/2017).

Selain itu, dari hasil investigasi mereka selama 24 jam setelah kejadian maka untuk mencegah serupa terulang kembali PT MRT melakukan beberapa tindakan, diantaranya memindahkan material sisa dari lokasi pengerjaan, memberi pemahaman kepada pekerja tentang keselamatan dan tata cara penggunaan material dan peralatan sesuai dengan SOP dan MSDS.

Selain itu, mereka juga membuat silt trap dan Mobile Concrete Barrier (MCB) patching serta metode kerja lainnya yang bertujuan untuk mencegah material proyek, baik padat maupun cair, keluar dari area proyek.

“Atas insiden ini, pihak PT MRT Jakarta akan segera berkonsolidasi dan melakukan evaluasi secara menyeluruh guna memperbaiki seluruh sistem dan metode kerja dalam proses pengerjaan proyek MRT Jakarta,” papar Tubagus.

Sebelumnya pada Sabtu, (6/5/2017) kemarin, warga ibukota dihebohkan dengan cairan putih yang diduga salju di Jalan Sudirman – MH Thamrin. Peristiwa itu terjadi berbarengan dengan turunnya hujan lebat dikawasan tersebut. Dengan cepat kabar tersebut beredar luas didunia maya baik berupa foto maupun video.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here