Alamak, 200 Tahanan di Pekanbaru Kabur, Ini Kronologinya

0
687
Sudah 167 Napi yang Kabur dari Penjara Pekanbaru Tertangkap

Liputan1.com-Alamak, 200 Tahanan di Pekanbaru Kabur, Ini Kronologinya

Ratusan tahanan Rutan Sialang Bungkuk, di Pekanbaru, Riau, Jumat (5/5). Mereka kabur di tengah kericuhan antara tahanan dan petugas rutan yang dipicu aksi protes tahanan tekait pelayanan rutan.

Kepala Bidang Humas Polda Riau Komisaris Besar Polisi Guntur Aryo Tejo menjelaskan, kericuhan bermula ketika pukul 11.30 WIB ratusan penghuni rutan protes mengenai pelayanan. “Mereka melakukan kekerasan dengan menggunakan tiang jemuran untuk mendobrak salah satu pintu,” ujarnya.

Menurut Guntur, para tahanan berunjuk rasa karena mereka menganggap pelayanan rutan kurang maksimal. “Ada ketidakpuasan dari beberapa napi ini sehingga mereka melarikan diri,” katanya.

Kekacauan di rutan dimanfaatkan para tahanan untuk melarikan diri. Mereka kabur lewat pintu gerbang samping rutan dan sempat menyandera petugas.

Dari ratusan napi yang kabur sudah ada beberapa yang berhasil dibekuk dan dibawa kembali ke rutan. Guntur mengatakan, ada napi yang kabur merampas kendaraan milik warga karena itu masyarakat juga diimbau untuk waspada.

“Sekarang kondisi di dalam Rutan Sialang Bungkuk sudah kondusif. Tidak ada lagi lempar-lemparan batu. Pihak kepolisian dan TNI ikut mengamankan,” ujarnya.

Jumlah pasti tahanan yang kabur sebenarnya masih simpang-siur. Namun, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, Komisaris Besar Polisi Guntur Aryo Tejo, memperkirakan mencapai 200-an tahanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here