KPK Minta Bantuan Interpol Buru Miryam S Haryani

0
498
KPK Minta Bantuan Interpol Buru Miryam S Haryani

Liputan1.com-KPK Minta Bantuan Interpol Buru Miryam S Haryani

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengirimkan surat bantuan ke Polri untuk bisa membantu menangkap tersangka korupsi e-KTP Miryam S Haryani.

Lebih tegas lagi, KPK meminta Polri agar berkomunikasi dengan Interpol supaya Miryam diberikan label red notice. Sekretaris NCB Interpol Indonesia Brigjen M Naufal Yahya mengaku bakal menindaklanjuti surat permintaan ini.

“Kami akan tindak lanjuti. Red notice, kami  ajukan, nanti kami ajukan lagi ke Lyon ke Interpol,” ucap dia saat dikonfirmasi, Kamis (27/4).

Meski sudah mendapatkan informasi pengiriman surat permintaan bantuan, Naufal mengaku belum melihat isi surat dari KPK tersebut. Bila telah menerimanya, Polisi akan mempelajari surat tersebut.

“Surat itu akan kami lihat dulu, persyaratannya, tapi saya belum lihat surat itu, tapi tindak pidana sudah,” papar dia.

Menurutnya, Red notice bakal diterbitkan Interpol bila Miryam memang benar-benar tengah berada di luar negeri. Setelah sudah dipastikan berada di luar negeri, polisi bakal secepatnya menerbitkan red notice.

“Kami akan kirim ke semua anggota interpol, kalau ada dokumen lewat, dia disetop.”

Kepala Biro Humas KPK, Febri Diansyah telah menetapkan status buron kepada Miryam.  KPK telah membuat surat kepada Polisi untuk mencekal Miryam ke luar negeri dan mencantumkan nama politisi Partai Hanura ini ke dalam DPO (Daftar Pencarian Orang).

“Siang ini KPK sudah membuat surat dan mengirimkan pada hari ini kepada Kapolri terkait dengan (permintaan) memasukkan salah satu nama di daftar pencarian orang, yaitu tersangka MSH yang diduga memberikan keterangan tidak benar di pengadilan dalam persidangan kasus e-KTP,” papar Febri kepada wartawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here