Pledoi Ahok : Tetap Melayani Walaupun Difitnah

0
404
Keluar Penjara, Ahok Akan Temui Cawapres Ma'ruf Amin

Liputan1.com-Pledoi Ahok : Tetap Melayani Walaupun Difitnah

Selama 10 menit, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membacakan Pledoi setebal 634 halaman.terkait dengan kasus penistaan agama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang bertempat di Kementerian Pertanian, Jakarta Timur, Selasa, 25 April 2017. Dalam nota pembelaan yang berjudul Tetap Melayani Walaupun Difitnah itu, Ahok meyakinkan majelis hakim bahwa ia tidak berniat untuk menghina suatu golongan.

“Ahok tidak menghina agama Islam. Saya tidak punya niat sedikit pun memusuhi suatu golongan,” kata Ahok di hadapan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa, 25 April 2017.

Ahok mengatakan, ucapannya mengenai Surat Al Maidah ayat 51 tak pernah dipermasalahkan oleh masyarakat Pulau Pramuka, yang menjadi audience sambutannya kala itu. Ucapannya baru dipermasalahkan saat video sambutannya diunggah ke YouTube oleh Buni Yani. Video yang diedit itu memprovokasi masyarakat bahwa Ahok menista agama.

“Walhasil saya difitnah, dinyatakan bersalah, diadili dengan hukum yang meragukan,” kata Ahok. Ia mengatakan bahwa tuduhan itu adalah propaganda dan dusta yang terus menerus diulang.

Selain itu, kata Ahok, tuntutan jaksa menyatakan bahwa ia tidak melakukan penistaan agama. Ahok dituntut dengan Pasal 156 KUHP sesuai dengan dakwaan kedua.

Pasal itu berbunyi, barang siapa di muka umum menyatakan pernyataan perasaan permusuhan, kebencian, atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia diancam dengan pidana penjara paling lama 4 tahun atau pidana denda paling banyak Rp 4.500.

“Terbukti saya bukan penista atau penoda agama,” kata Ahok. “Saya mau tegaskan, saya bukan penista atau penoda agama. Saya juga tidak menghina suatu golongan apapun,” ujarnya.

Ahok menyebut banyak tulisan yang mendukung bahwa ia tidak bersalah. Bahkan, kata dia, jaksa penuntut umum mengakui adanya peranan Buni Yani dalam perkara ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here