12 Tim Barongsai Dunia Tampil di Mall Living World Alam Sutera

0
861
12 Tim Barongsai Dunia Tampil di Mall Living World Alam Sutera

Liputan1.com-12 Tim Barongsai Dunia Tampil di Mall Living World Alam Sutera

Sebanyak 12 tim barongsai dari enam negara yang pernah menjadi juara terbaik dunia, akan mengikuti pertandingan Barongsai Internasional, pada 23-24 april 2017 di Mall Living World, Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan.

Keenam Negara tersebut adalah China, Hongkong, Malaysia, Singapore, Australia dan Indonesia, mereka akan bertanding memperebutkan hadiah total $15,000.

Demikian Xaverius Djunair selaku Sekjen FOBI, menjelaskan saat jumpa pers di Mall Living World, Selasa (11/4).

Menurut Xaverius, kejuaraan ini akan dibagi menjadi dua kategori yaitu pertandingan Barongsai Tonggak dan pertandingan Tambur.

“Pertandingan Tambur akan menjadi pertandingan pertama kali yang dilakukan di Indonesia,” kata Xaverius.

Lebih lanjut dijelaskan, kejuaraan ini akan dinilai oleh juri lokal dan juga internasional, yang jadi penilaian adalah dari bentuk Barongsai, kerjasama antar pemain, langkah-langkah atau kuda-kuda, music, ekspresi dan juga tingkat kesulitan,” terangnya.

Sementara itu menurut Ketua Yayasan Kong Ha Hong, Ronald Syarif, tim barongsai yang akan mewakili Indonesia dalam pertandingan ini adalah Tim Barongsai Kong Ha Hong.

“Tim ini pernah menjadi juara dunia pada 2019 di Guang Zhou, 2014 di Indonesia dan 2015 di Beijing, serta tim FOBI Kaltara Yang pernah menjadi Juara 1 PON 2016 yang lalu,” ujarnya.

Direktur Living World, Jannywati Hartini mengatakan, pertunjukan barongsai yang merupakan kesenian dan olahraga asli Tiongkok, kini telah menjadi bagian dari olahraga dan kebudayaan Indonesia, serta selalu menjadi favorit khususnya bagi para pengunjung Living World.

“Melihat respon pengunjung yang sangat positif, dalam kejuaraan Barongsai Internasional yang pernah diadakan di Living World pada 2013 dan 2014 lalu, maka kami kembali mengadakan kejuaraan barongsai untuk menghibur pengunjung Living World dengan bekerjasama bersama FOBI,” ujarnya.

Para pengunjung yang hadir di Living World dapat mendukung negara favorit mereka dengan memilih juara favorit dengan melakukan voting. “Bagi pengunjung yang beruntung akan mendapatkan hadiah menarik dari Living World berupa gadget dan voucher belanja,” pungkas Jannywati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here