Tol Trans Sumatera 65 Km Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2017, Ini Daftarnya

0
786
Tol Trans Sumatera 65 Km Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2017, Ini Daftarnya

Liputan1.com-Tol Trans Sumatera 65 Km Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2017, Ini Daftarnya

Selain Trans Jawa, jalan tol baru lainnya yang bakal dipakai untuk mudik Lebaran tahun ini adalah tol Trans Sumatera. Meski tidak sebanyak tol Trans Jawa, setidaknya akan ada 65 km tol Trans Sumatera yang bisa dipakai untuk mudik.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, ada 64,81 km jalan tol Trans Sumatera yang bakal digunakan dan terdiri atas 4 ruas. Namun berbeda dengan Trans Jawa, seluruhnya merupakan jalur darurat atau digunakan secara fungsional pada Lebaran Juni 2017.

Keempat ruas tersebut adalah jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar paket 2 (Sidomulyo-Kotabaru) segmen SS Kotabaru-SS Lematang sepanjang 5 km. Kemudian dilanjutkan dengan tol Palembang-Indralaya seksi 1 (Palembang-Pamulutan) sepanjang 7,75 km.

Lanjut lagi ke atas pulau Sumatera, ada jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 2 hingga 6 sepanjang 41,6 km dan juga tol Medan-Binjai seksi 2 (Helvetia-Semayang) 6,18 km dan seksi 3 (Semayang-Binjai) 4,28 km.

Adapun kondisi jalan yang dilalui secara fungsional ini dapat dilintasi kendaraan sebanyak 2 lajur, namun hanya satu arah, yakni untuk arus mudik dan arus balik. Kecepatan yang dilalui pun diatur hanya 40 km/jam mengingat pengerasan jalan masih berupa timbunan ditambah lean concrete 10 cm.

Penerangan akan dilakukan di beberapa lokasi sesuai kebutuhan dan untuk rest area sementara disiapkan lahan kosong di beberapa lokasi sesuai kebutuhan

Sumber : Detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here