PDAM Resmikan Rumah Air Surabaya

0
621
PDAM Resmikan Rumah Air Surabaya

Liputan1.com-PDAM Resmikan Rumah Air Surabaya, Senin (3/4/2017).

Peresmian rumah air yang terletak di Jalan Basuki Rahmat 119-121 ditandai dengan pemotongan pita oleh Anggota Dewan Pengawas PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Eddy Rusianto.

Dalam sambutannya, Eddy Rusianto mengatakan melalui Rumah Air Surabaya sejarah PDAM dapat diketahui oleh masyarakat luas. Terutama terkait penyediaan air bersih bagi masyarakat Surabaya dimulai pada tahun 1890.

“Air minum untuk kota Surabaya pertama kali diperoleh dari sumber mata air desa Purut di Kabupaten Pasuruan. Waktu itu diangkut menggunakan kereta api,” tutur Eddy Rusianto.

Manajer Sekretariat dan Humas PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Ari Bimo Sakti menambahkan sebelum digunakan sebagai kantor PDAM sekitar gedung Basuki Rahmat ditempati para pejuang Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Namun sejak tahun 1976 sampai dengan 1991 gedung ini difungsikan menjadi Kantor Pusat PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Baru pada tahun 1992 Kantor PDAM pindah ke Jl Prof Dr Moestopo No.2 Surabaya.

“Gedung bersejarah ini telah ditetapkan menjadi Cagar Budaya melalui SK Walikota,” ungkap Bimo.

Bimo menjelaskan tujuan dibuatnya Rumah Air Surabaya adalah sebagai ruang publik dengan fungsi pengenalan dan edukasi masyarakat mengenai air. Khususnya sejarah pengolahan air minum oleh PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.

Melalui Rumah Air Surabaya diharapkan masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya bisa mengetahui secara luas kiprah PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dalam melayani penyediaan air minum bagi para pelanggan.

“Disini ada pompa air jaman Belanda dari Umbulan, peralatan kuno hingga peta Kota Surabaya tempo dulu,” ujarnya.

Selain digunakan untuk Rumah Air Surabaya, gedung dengan luas 3791 m² ini juga melayani Pelayanan Pelanggan untuk Customer Service, Pembayaran Rekening, Pengaduan, dan Pasang Baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here