Ini Masjid Apung Mbah Priok yang Akan Dibangun Ahok

0
1061
Ini Masjid Apung Mbah Priok yang Akan Dibangun Ahok

Liputan1.com-Ini Masjid Apung Mbah Priok yang Akan Dibangun Ahok

Pertemuan antara Habib Sting, keturunan dari Mbah Priok dengan Ahok berbuntut manis. Gubernur Ahok menetapkan kawasan makam keramat Mbah Priok sebagai cagar budaya. SK penetapan diserahkan sendiri oleh Ahok kepada Habib Sting di kawasan makam pada hari Sabtu 4 Maret 2017.

Selaku pewaris sekaligus penjaga makam keramat tersebut, Habib Abdullah bin Abdurahman Al-Aidrus atau Habib Sting mengatakan, masjid itu akan dibangun di sisi barat makam. Masjid itu nanti akan diberi nama Masjid Keramat Mbah Priok.

 Ahok sendiri menyampaikan kepada warga sekitar agar tidak perlu khawatir lagi. Sebab, Makam Mbah Priok tidak akan digusur atau disengketakan lagi. Sebab, semua landasan hukumnya sudah jelas.

“Makam Mbah Priok sebagai situs cagar budaya, jadi dilindungi Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2007,” Ahok menandaskan.

Konsep yang akan dibangun adalah Mesjid apung, dengan alun-alun yang dapat menampung banyak peziarah, tempat jajanan kuliner, dan sheetpile atau dinding turap, supaya kompleks makam Mbah Priok tidak terkena banjir rob.

Berikut foto-foto rancangan Mesjid apung yang akan dibangun Ahok

Konsep masjid yang akan dibangun di kompleks makam keramat yaitu masjid apung. Pintu untuk masuk ke masjid nantinya dibuat dari dua arah. Pintu pertama dari sisi barat makam dan satunya lagi dari pintu depan kompleks makam. Masjid di Makam Mbah Priok memiliki lebar 24 meter. Tapi untuk panjang diserahkan ke pihak Pemprov DKI Jakarta.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here