Mulai 1 April, Taksi Online Dipasang Stiker Khusus

0
1109
Mulai 1 April, Taksi Online Dipasang Stiker Khusus

Liputan1.com-Mulai 1 April, Taksi Online Dipasang Stiker Khusus

Kementrian Perhubungan (Kemenhub) telah merevisi peraturan menteri (Permen) tentang angkutan berbasis aplikasi. Salah satu Permen itu No 32 Tahun 2016.

Permen itu berisi tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek .Permen tersebut mengatur , setiap taksi online harus memiliki striker khusus . Peraturan ini mulai berlaku 1 April 2017.

Permen tersebut mengatur 11 materi khusus, seperti uji KIR, penetapan batas tarif , serta angkutan sewa khusus. Dirjen Perhubungan Darat, Pudji Hartanto mengatakan, masyarakat bisa mengenali taksi online , dari striker di kendaraan.

Kendaraan berstiker khusus tersebut sudah memenuhi syarat taksi online, mulai dari mesin, STNK atas nama badan hukum, sampai lulus uji berkala (KIR).

“Kalau sudah melengkapi (syarat) semuanya nanti ada ini,” ujar Pudji saat melakukan pertemuan dengan dua kepala daerah di Balai Kota Bogor.

Puji melanjutkan , Polisi nanti akan merusmukan  plat nomor untuk taksi online.  “Ini agar polisi tahu, ada kode khusus, misal pakai plat TXO,  seperti kendaraan pejabat pakai plat RFS. Taksi online demikian. Tapi ini kepolisian merumuskan.”

Bila melanggar, Kemenhub sudah memiliki sanksi khusus seperti mencabut izin kendaraan bersangkutan .“Selain itu berupa pemutusan akses atau pemblokiran sementara sampai perbaikan,” ujar dia menambahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here