Ini Cerita Mogoknya Mobil Mercy Presiden Jokowi

0
770
Ini Cerita Mogoknya Mobil Mercy Presiden Jokowi

Liputan1.com-Ini Cerita Mogoknya Mobil Mercy Presiden Jokowi

Kejadian terjadi dalam kunjungan kerja (Kunker) Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak Kamis (16/3/2017) ke Kalimantan Barat. Saat akan kembali ke Jakarta, mobil Indonesia 1 yang ditumpangi Jokowi mogok di tengah perjalanan menuju bandara.

Cerita bermula usai Jokowi meresmikan PLTG Mempawah. Jokowi dan rombongan langsung pulang ke Jakarta. Ndilalah di tengah jalan, mobil Kepresidenan Mercedes Benz S600 Guard mogok.

Peristiwa mogoknya mobil Kepresidenan ini terjadi di Kabupaten Kubu Raya, sekira 2 kilometer dari Bandara Supadio, Pontianak. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

Mobil yang dibeli tahun 2004 itu ditumpangi Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana Jokowi dan seorang ajudan. Mobil tiba-tiba berhenti membuat Paspampres yang mengawal sempat kebingungan.

Rombongan lain yang berada di belakang mobil Jokowi pun sempat kebingungan. Biasanya mobil Presiden akan berhenti saat ada kerumunan massa untuk sekadar bersalaman atau membagi buku dan kaos. Namun kala itu tidak ada kerumunan massa dan mobil Presiden yang berada di urutan ketiga tiba-tiba berhenti.

Juru Bicara Presiden, Johan Budi membenarkan kejadian tersebut. Johan yang kala itu berada di barisan mobil rombongan langsung berlari menghampiri Presiden Jokowi.

“Ya benar dalam perjalanan menuju Bandara Supadio, mobil RI 1 mesinnya ngadat,” kata Johan.

Tak lama kemudian, Jokowi dan Ibu Negara langsung pindah ke mobil cadangan. Mobil Toyota Alphard memang disediakan sebagai kendaraan cadangan. Presiden dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Bandara Supadio.

Negara menyediakan dua mobil Mercedes Benz model S600 Guard untuk Presiden. Namun, mobil versi Pullman lebih sering digunakan kala aktivitas di Jakarta. Sementara yang sedan kerap diandalkan ketika kerja di luar daerah.

Mercedes-Benz S600 Guard sedan yang dipakai saat ini sebenarnya ‘warisan’ dari era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dibeli tahun 2004.

Mobil mengemas mesin 5,5 liter V12 yang dirakit Sindelfingen Jerman. Kemudian mobil ini juga memiliki fitur keamanan tingkat tinggi.

Mercedes-Benz S600 Guard telah memenuhi sertifikasi B6/B7. Artinya, mobil kebal dari hantaman peluru sekelas M16 juga Kalashnikov AK-47. Adapun, mobil ini dibeli negara untuk menggantikan S500L yang dipakai sejak Presiden BJ Habibie.

Sebenarnya, bukan kali ini saja mobil Presiden mogok. Sudah beberapa kali mobil yang dibeli tahun 2004 itu mengalami gangguan. Bahkan, pernah suatu ketika Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke daerah, mobil Mercedes Benz S600 itu tidak kuat menanjak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here