Universitas Budi Luhur Gelar Pameran Klaras

0
400
Universitas Budi Luhur Gelar Pameran Klaras

Liputan1.com-Universitas Budi Luhur Gelar Pameran Klaras

Kampanye lingkungan terus digelorakan berbagai pihak, salah satunya adalah Universitas Budi Luhur. Perguruan tinggi tersebut melakukan kampanye dengan menggelar pameran klaras atau tulang daun di Museum Nasional, Jakarta, 9-12 Maret 2017.

Pameran diresmikan Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro MBA dengan didampingi seniman Widi S Martodiharjo dan pengurus museum. Wayang Beber Metropolitan dan The Storyteller Familly, ikut memeriahkan kegiatan yang bertajuk “Nyambung Urip: Happa-Klaras Convergence, Exhibition & Workshop” tersebut.

Klaras atau tulang daun yang disajikan pada acara itu, beberapa di antaranya merupakan hasil riset Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KSM) Nyiur, Petukangan dan Universitas Budi Luhur.

Selain itu, terdapat karya milik dari Widi S Martodihardjo, Samuel, Umi “Bunda Klaras” Tutik, Risma Aprianti Swargi dan Sari Atika Sundari. Lewat klaras ini, tercipta berbagai karya besar dan dapat menggugah kesadaran masyarakat, lalu pesan lingkungan dapat disampaikan.

Menurut Kasih Hanggoro, pihaknya berusaha menyatukan kesadaran kolektif atas hal-hal paling sederhana yang sering dijumpai di keseharian, lalu pengaruhnya terhadap lingkungan dari setiap peserta pameran.

“Melalui tulang daun yang biasanya hanya menghiasi sudut-sudut selokan dan tepian sungai kita, dimunculkan nilainya yang sesungguhnya oleh tangan yang peduli,” tutur Kasih Hanggoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here