Penulis Buku Jokowi Undercover adalah Pelaku Tunggal

0
734
Penulis Jokowi Undercover Dihukum Tiga Tahun

Liputan1.com-Penulis Buku Jokowi Undercover adalah Pelaku Tunggal

Hal ini disampaikan Bareskrim Mabes Polri yang menyimpulkan Bambang Tri Mulyono adalah satu satunya pihak yang melakukan penulisan, produksi dan penyebaran buku berjudul “Jokowi Undercover”

Kesimpulan itu diperoleh dari hasil penyidikan yang sudah final. Polisi menyatakan Bambang Tri sebagai pelaku tunggal dalam kasus dugaan penyebaran kebencian lewat buku tersebut.

“Sejauh ini diketahui Bambang membiayai sendiri pencetakan bukunya,” ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompuldi kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (14/3).

Martinus mengatakan, tidak ditemukan bukti adanya auktor intelektual di balik penulisan buku tersebut. Padahal, sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meyakini ada pihak yang membantu Bambang dalam menyusun buku.

“Penyidik juga belum menemukan adanya dukungan dari pihak lain dalam peristiwa tersebut,” katanya.

Buku “Jokowi Undercover” dicetak sebanyak 300 eksemplar. Pencetakannya tidak dilakukan di industri percetakan, melainkan percetakan yang dicarinya sendiri.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mencurigai ada pihak lain yang membekingi Bambang. Sebab, pihaknya meragukan kompetensi Bambang yang tidak punya kemampuan melakukan riset untuk menulis buku tersebut menginat tingkat pendidikannya yang rendah.

Selain itu, dalam buku itu terdapat fotometriks di mana Bambang menjajarkan foto seseorang dengan orang lain dan menjelaskan keterikatannya. Padahal, kata Tito, ia tak memiliki kemampuan untuk menganalisis wajah.

Isi buku Bambang juga tidak didukung dengan data dan referensi apapun. Karena itu, Tito meyakini ada yang membantu Bambang dalam menulis bukunya.

“Kita akan dalami siapa yang menggerakkan, siapa yang mengajari dia,” ujar Tito.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here