Mantan Gubernur Lampung Dilantik Jadi Dubes Kroasia

0
528
Mantan Gubernur Lampung Dilantik Jadi Dubes Kroasia

Liputan1.com-Mantan Gubernur Lampung Dilantik Jadi Dubes Kroasia

Sjachroedin ZP dilantik menjadi dutas besar (Dubes) Indonesia untuk Kroasia oleh Presdien Joko Widodo, di jakarta, sekitar pukul 14.00 WIB, Senin (13/3/2017). Ketua DPD PDI Perjuangan Lampung itu, dilantik bersama 16 dubes luar biasa dan berkuasa penuh untuk negara sahabat .

Pelantikan juga dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta istri, dan sejumlah pejabat negara lainnya. Sejumlah meneteri juga menghadiri pelantikan itu. Seperti, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Kemudian, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto.

Sebelum berangkat ke Kroasia, Oedin, saapaan akrab Sjachroedin ZP mengatakan akan bertemu Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo untuk berkoordinasi tentang potensi ekspor Lampung yang bisa dikembangkan di Eropa dan khususnya Kroasia. “Eropa itu pasar kopi dan lada Lampung sejak dulu. Tentu ada potensi lain yang masih bisa dikembangkan,” kata Sjachroedin.

Sjachroedin lahir di Tanjungkarang, Bandar Lampung, 7 Februari 1947. Dia menjabat sebagai Gubernur Lampung periode 2003-2008 dan 2009-2014. Pendidikan tinggi diselesaikan di Akabri Kepolisian 1970, PTIK (Angkatan XIII), Sespim, Sesko ABRI Angkatan VIII, Lemhannas KSA VII, kursus lalu lintas di Jepang, dan kursus intelijen di Taiwan.

Selama menekuni karir di dunia kepolisian memiliki pengalaman kedinasan sebagai Kasat Lantas Polda Sumatera Selatan, Kapoltabes Palembang, Kapolres Lampung Selatan, Kadit Samapta Polda Metro Jaya, Kapolwil Bogor. Kemudian, Direktur Samapta Polri, Kapolda Sumatera Selatan, Kapolda Jawa Barat, dan Deputi Kapolri Bidang Operasi di era Presiden Megawati Soekarnoputri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here