GP Ansor : Kepemimpinan Non Muslim Sah

0
842

Liputan1.com-Kepemimpinan Non Muslim Sah

Polemilk terkait kepemimpinan non muslim dalam Pemilu di DKI Jakarta, dinilai GP Ansor layak serta sesuai dengan undang-undang yang berlaku, sehingga patut didukung.
Pernyataan itu disampaikan anggota Dewan Instruktur PP GP Ansor, M. Najib dalam Bahtsul Masail Kiai Muda yang membahas ‘Kepemimpinan Non-Muslim di Indonesia’ di Kantor GP Ansor, Jakarta, Minggu (12/3), menurut Najib, secara undang-undang warga NU menerima semua konstitusi yang ada.
“Dengan prinsip berbangsa dan bernegara, bahwa dengan diterimanya NKRI, UUD 45 dan Pancasila sebagai sebuah kesepakatan, maka warga NU menerima sistem bernegara dan berbangsa dalam bingkai NKRI. Oleh karena itu produk turunan dari konstruksi itu sah dan terikat warga NU dan umat islam. Jadi, jika konstitusi diterima maka turunan di terima,” kata Najib usai pertemuan di Jakarta.
Tercatat dalam pertemuan yang diselenggarakan sejak 11-12 Maret di Kantor GP Ansor Jakarta Pusat tersebut, dihadiri 30 peserta perwakilan GP Ansor di seluruh Indonesia.
Najib pun menilai dengan ketentuan yang ada, pihaknya mengajak seluruh umat Islam, khususnya warga NU untuk bersikap bijaksana dalam melihat permasalahan tersebut, sehingga Pemilukada di DKI Jakarta jangan melibatkan simbol-simbol agama.
“Tentang terpilih non muslim dalam Pemilu kada, berdasarkan konstitusi itu sah jika seorang non muslim terpilih sebagai kepala daerah, maka kepemimpinannya itu sah dan mengikat baik secara koinstitusi maupun secara agama. Secara priabadi orang yang memilih non muslim atau tidak memilih, masing-masing memiliki landasan hukum Islam, dan dibenarkan.

Maka Majelis Salokoh Ansor ini menghimbau untuk meredakan ketegangan terkait tentang Pemilu kada yang berpotensi memecah belah umat Islam,” tegas Najib.
“Jadi yang setuju dan tidak setuju memilih non muslim itu sah. Inilah keputusannya, maka hal terkait kegaduhan Pemilu kada tidak perlu bawa simbol agama,” tambah Najib.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here