Gugatan Warga Kampung Pulo Ditolak, Ahok Menang

0
469
Gugatan Warga Kampung Pulo Ditolak, Ahok Menang

Liputan1.com-Gugatan Warga Kampung Pulo Ditolak, Ahok Menang

Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi warga Kampung Pulo terhadap Pemprov DKI dan Gubernur DKI Basuki Tjahja Purnama atas tindakannya menggusur rumah warga dari bantaran Kali Ciliwung

MA menegaskan relokasi lahan dan pemulihan kembali jalur sungai sudah sesuai asas umum pemerintahan yang baik (AUPB). Pengajuan objek sengketa sudah tak relevan dan pembongkaran sudah dilakukan.

“Penerbitan objek sengketa sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan asas-asas umum pemerintahan yang baik,” kata majelis Hakim kasasi yang diketuai  Hakim Agung Yulias dengan anggota Hakim Agung Is Sudaryono dan Irfan Fachruddin, sebagaimana dikutip laman MA, Senin (6/3/2017).

Seperti diketahui warga menuntut Pemprov DKI dan Gubernur DKI Basuki Tjahja Purnama atas tindakannya menggusur rumah warga dari bantaran Kali Ciliwung dengan tujuan membuat permukiman warga bebas banjir.

Pemprov Kota Jakarta Timur meminta warga di Kampung Pulo RT 015/03, Kampung Melayu, Jakarta Timur, untuk mengosongkan rumahnya karena di wilayah itu akan dijadikan daerah aliran sungai guna mengatasi banjir di Jakarta dan tak ada satu bukti warga mempunyai kepemilikan atas tanah.

Warga yang menolak dipindahkan dengan alasan telah mendiami kawasan itu turun temurun sejak 1927 silam, melalukan perlawanan dengan menempuh jalur hukum. Warga menuntut ganti rugi dan kesalahan tindakan pemerintah yang masih dapat diselesaikan melalui pengadilan.

Pada 21 Januari 2016, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menolak gugatan. Putusan PTUN kemudian dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi TUN Jakarta pada 1 Juni 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here