Kampanye Putaran Dua Pilkada DKI Jakarta 7 Maret-15 April 2017

0
1044
Kampanye Putaran Dua Pilkada DKI Jakarta 7 Maret-15 April 2017

Liputan1.comKampanye Putaran Dua Pilkada DKI Jakarta 7 Maret-15 April 2017

Penetapan Masa Kampanye ini ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta

“Kampanye dilakukan tiga hari setelah penetapan pasangan calon. Dimulai tanggal 7 Maret. Malam ini akan ditetapkan tahapan pilkada DKI Jakarta putaran kedua,” ujar Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (4/3).

Sumarno mengatakan bahwa tahapan putaran kedua Pilkada DKI akan diumumkan dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon dan launching tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta tahun 2017 putaran kedua pada Sabtu malam nanti di Hotel Borobudur.

“Kampanye putaran kedua tidak banyak berbeda dari putaran pertama. Penyelenggaraannya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada,” tandas dia.

Hal tersebut, kata Sumarno, termasuk cuti bagi petahana yang diwajibkan cuti selama masa kampanye. KPU DKI Jakarta hanya membuat pengaturan teknisnya.

“Cuti itu adalah keharusan. Itu bukan ditetapkan KPU DKI, tapi sudah jelas ada peraturannya. KPU tinggal menetapkan pedoman teknis saja. Kami tinggal menerjemahkan dalam pedoman teknis,” jelas dia.

Sementara jenis kampanye, kata Sumarno, akan dilakukan kecuali rapat umum atau kampanye akbar dan pemasangan alat peraga. Menurutnya, Sosialisasi ini akan diambil alih langsung oleh KPU DKI.

KPU DKI akan memasang iklan kedua paslon, baik di media cetak maupun di media elektronik. KPU DKI akan memasang iklan seminggu terakhir sebelum hari pencoblosan Pilgub DKI putaran kedua pada 15 April 2017.

“Tapi nanti KPU akan menyosialisasikan dengan masyarakat terkait iklan media oleh pasangan calon akan difasilitasi KPU. Kami yang akan minta bahannya jika ada yang diperbarui,” ungkap dia.

Tiga hari setelah masa kampanye, yakni tanggal 16, 17, dan 18 April 2017, pasangan calon dilarang kampanye sebab dijadwalkan sebagai masa tenang. Pencoblosan akan digelar pada tanggal 19 April 2017.

Seperti diketahui, malam nanti KPU DKI akan menetapkan pasangan calon. Dua pasangan yang berhasil lolos ke putaran kedua Pilgub DKI adalah Basuki T Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here