Kejurnas INKAI Digelar di GOR Ciracas 7-9 Maret 2017

0
1259
Kejurnas INKAI Digelar di GOR Ciracas 7-9 Maret 2017

Liputan1.com-Kejurnas INKAI Digelar di GOR Ciracas 7-9 Maret 2017

Kejuaraan nasional (kejurnas) INKAI 2017 akan digelar di GOR Ciracas Jakarta, 7 hingga 9 Maret.  Event bakal diramaikan sebanyak seribu karateka dari 34 provinsi. Mereka akan bersaing memperebutkan supremasi sebagai karateka terbaik di 38 kelas (putra-putri) yang dipertandingkan. Selain mendapatkan piala dan medali, khusus di nomor kadet, junior dan senior putra-putri panitia menyedia 8 piala best of the best.

Bersamaan dengan pelaksanaan kejurnas kali ini, diadakan juga serangkaian kegiataan antara lain penataran wasit juri yang dimulai sejak 4 Maret,  coaching clinic, pada 5-6 Maret di Lapangan Tembak Satria Cijantung Jakarta  yang akan dipandu oleh karateka dunia asal Jepang Ryosuke Shimizu Sensei yang kini menjabat sebagai JKA Hondu Instructor’s. Dilanjutkan dengan kegiatan Rakernas INKAI 2017 pada 10 Maret serta penataran wasit/juri serta Gashuku dan Ujian Dan pada 11 hingga 13 Maret yang diselenggarakan di GOR Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Ketua Umum Pengurus Pusat INKAI Letjend TNI Agus Kriswanto diwakili Waketum, Mayjend TNI Eko Budi S berharap ajang ini dapat melahirkan juara-juara baru. Sehingga ke depan akan semakin banyak karateka binaan INKAI yang dapat membela Indonesia di pentas internasional.

“Semoga kejurnas kali ini berjalan lancar baik. Akan muncul juara-juara baru. Jangan yang itu-itu saja yang juara,” kata Mayjend TNI Eko Budi S di Sekretariat INKAI Jakarta, Sabtu (4/3).

Terkait kehadiran Ryosuke Shimizu Sensei, Eko Budi berharap kedatangan instruktur yang semasa aktif sebagai atlet pernah meraih perak di Asian Games 2006 Doha tersebut dapat membawa angin segar bagi pembinaan karate di Indonesia.

“Manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan belajar dengan Ryosuke. Apalagi dia akan memberikan gerakan-gerakan karate yang asli. Jadi ayo kita serap ilmu dia sebanyak-banyaknya. Agar apa yang kita laksanakan bisa lebih baik lagi,” tandas Eko Budi.

Harapan yang sama diutarakan Ketua Dewan Guru INkAI, Albert Tobing.

“Kami bersyukur dan berterimakasih atas kesediaan Ryosuke datang dan berbagi ilmu dengan para atlet binaan INKAI. Terlebih dia akan memperagakan gerakan-gerakan karate yang asli,” ujar Albert.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Penyelenggara Kejurnas INKAI 2017, Kolonel Infantri Benny Sulistiono mengaku senang terhadap antusiasme para atlet untuk mengikuti ajang ini. Sesuai tema yang diusung yakni ‘Pacu Semangat Picu Prestasi’ Benny berharap para atlet dapat menampilkan kemampuan terbaiknya sehingga pertandingan berlangsung seru dan berkualitas.

“Para atlet peraih predikat best of the best berhak mewakili INKAI pada kejuaraan Piala Mendagri yang akan berlangsung di Lampung akhir Maret. Tak hanya itu, hasil di kejurnas kali ini juga akan menjadi aset INKAI. Mereka akan menjadi atlet yang diprioritaskan untuk diikutsertakan jika ada kejuaraan nasional maupun internasional,” pungkas Benny yang juga Ketua Umum INKAI DKI Jakarta.

Sementara Ryosuke Shimizu Sensei berjanji akan memberikan yang terbaik dalam kegiatan coaching clinic yang ditargetkan bakal diikuti sebanyak 500 karateka.. Dia mengaku sudah sering mendengar tentang perkembangan karate di Indonesia.

“Momen ini sudah saya tunggu-tunggu sejak dulu. Saya akan berikan yang terbaik. Karate itu simpel. Jadi nikmati saja latihannya dengan santai dan rilek,” tutup Ryosuke yang mengaku mengenal karate sejak usia 6 tahun. (rm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here